Fenomena Es Mengapung di Hokkaido - HadaCircle

31 Januari 2017

Fenomena Es Mengapung di Hokkaido

Observatorium cuaca di Kota Abashiri di Provinsi Hokkaido yang terletak di paling ujung Jepang menyatakan telah melihat gumpalan es mengapung di lepas pantai untuk pertama kalinya pada musim dingin ini. Petugas observatorium menyatakan jajaran gumpalan es mengapung sejauh lima kilometer lepas pantai Laut Okhotsk pada Selasa (31/01/2017) pagi.

Observatorium mengatakan fenomena ini berlangsung tiga hari lebih telat dari tahun lalu dan 10 hari lebih telat dari biasanya. Observatorium menyatakan ini merupakan gumpalan es kelima yang terpantau sejak 1946 saat fenomena ini untuk pertama kalinya dicatat.

Kapal wisata yang membawa sekitar 160 wisatawan, kebanyakan berasal dari Taiwan dan Hongkong, mulai berlayar melintasi gumpalan es tersebut. Para wisatawan memotret es yang mengapung tersebut. Beberapa bagiannya terpantau mencapai ketebalan lebih dari satu meter dengan lebar 10 meter.

Pasangan suami istri dari Hokkaido mengaku beruntung bisa melihat fenomena es mengapung ini. Sedangkan seorang wanita dari Taiwan mengatakan sangat terpana dengan pemandangan yang indah tersebut.

Observatorium menyatakan beberapa es mengapung ini mungkin akan tiba di pesisir pantai Kota Abashiri pekan ini.

Hokkaido
Comments


EmoticonEmoticon