Bagaimana Ingatan Saling Berkaitan - HadaCircle

30 Januari 2017

Bagaimana Ingatan Saling Berkaitan

Memories

Ilmuwan Temukan Bagaimana Ingatan Berkaitan
Ilmuwan Jepang mengatakan mereka menemukan cara untuk memutus hubungan ingatan yang berkaitan di otak.

Sebuah tim yang dipimpin Profesor Kaoru Inokuchi dari Universitas Toyama memberikan kejutan-kejutan listrik ke tetikus untuk mencangkokkan ingatan ketakutan. Mereka terus membunyikan lonceng listrik selama eksperimen itu. Tetikus tersebut kemudian diberikan air manis saat lonceng dibunyikan.

Dengan semakin dilakukannya eksperimen tersebut, tetikus mulai menyeringai ketakutan hanya dengan meminum air manis. Minum air manis membuat mereka takut terkena kejutan listrik lebih banyak lagi akibat ingatan mereka akan suara lonceng listrik.

Para peneliti itu menemukan bahwa ingatan akan kejutan listrik dan ingatan akan air manis tersimpan di jalinan sel-sel yang berbeda di bagian otak yang disebut amygdala. Tim itu juga mengamati bahwa saat kedua jalinan sel-sel tersebut tumpang tindih sebagiannya, kedua ingatan tersebut terkait.

Para ilmuan itu menggunakan satu teknik khusus untuk menghalangi fungsi sel bagian yang tumpang tindih tersebut. Mereka menemukan bahwa tetikus tidak ingat akan ketakutan terhadap kejutan listrik, menunjukkan bahwa kedua ingatan menjadi terpisah.

Inokuchi mengatakan penelitian mereka mungkin dapat membuka jalan bagi cara-cara baru untuk mengobati gangguan stres pasca trauma (PTSD) serta gangguan kejiwaan lainnya.
Comments


EmoticonEmoticon