Trump Berhentikan Pelaksana Tugas Jaksa Agung AS - HadaCircle

31 Januari 2017

Trump Berhentikan Pelaksana Tugas Jaksa Agung AS

Trump Berhentikan Pelaksana Tugas Jaksa Agung AS

Donald Trump

Presiden AS Donald Trump bersikukuh pada larangan izin masuk ke AS dan penghentian imigrasi yang dikeluarkannya, terlepas aksi protes yang berkembang di dalam dan luar AS.

Pada hari Senin (30/01/2017) Trump memecat pelaksana tugas jaksa agung yang mempertanyakan keabsahan hukum atas larangan tersebut, dan segera mengangkat seorang jaksa untuk menggantikannya.

Trump menandatangani perintah presiden hari Jumat (27/01/2017) lalu yang melarang masuk warga asing dari 7 negara-negara mayoritas Muslim selama 90 hari. Ia juga menghentikan izin masuk bagi seluruh pengungsi selama 120 hari.

Pelaksana tugas Jaksa Agung Sally Yates memberitahu para pengacara Departemen Kehakiman Senin (30/01/2017) malam untuk tidak mematuhi perintah tersebut. Yates ditunjuk oleh mantan Presiden AS Barack Obama. Ia menjadi pelaksana tugas sampai nomine Trump, Senator Jeff Sessions menjabat.

Beberapa jam setelah Yates mengeluarkan pernyataan tersebut, Trump menggantinya dengan jaksa AS untuk negara bagian timur, Virgina, Dana Boente.

Pada hari Senin, kelompok Muslim di AS dan jaksa agung negara bagian Washington mengajukan tuntutan hukum dengan alasan perintah tersebut melanggar UUD.
Comments


EmoticonEmoticon