Abe akan Jelaskan Kontribusi Jepang terhadap Perekonomian AS

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana akan menjelaskan kepada Presiden AS Donald Trump terkait kontribusi perusahaan-perusahaan Jepang bagi perekonomian AS saat keduanya menggelar pertemuan puncak dalam waktu dekat ini.

Abe mengungkapkan hal itu saat berbicara di Komisi Anggaran Majelis Tinggi pada Selasa (31/01/2017). Abe sendiri dijadwalkan akan bertemu Trump di Washington pada 10 Februari mendatang.

Seorang anggota parlemen dari Partai Komeito selaku anggota yunior koalisi berkuasa bertanya kepada perdana menteri tentang apakah Jepang akan bersiteguh menjaga kepentingan nasional saat berbincang dengan presiden AS. Abe mengatakan perusahaan-perusahaan Jepang berinvestasi di AS dan dari produsen otomotif saja sudah menciptakan lebih dari satu juta lapangan pekerjaan. Ia mengatakan akan menjelaskan bahwa kedua negara menikmati hubungan yang saling menguntungkan dan akan mendebat argumen Trump jika diperlukan. Sebelumnya Trump menggambarkan defisit perdagangan AS dengan Jepang adalah masalah dan impor mobil Jepang telah merusak industri otomotif AS.

Abe mengatakan pertemuan puncak itu juga akan dijadikan kesempatan untuk mengukuhkan kembali bahwa hanya AS yang bisa mempertahankan kehadiran pasukannya di kawasan Asia Pasifik dan membela Jepang. Ia berencana untuk mengukuhkan kembali prinsip dasar bahwa militer AS bisa membantu Jepang dalam situasi darurat guna bersama-sama merespons situasi tersebut. Abe juga mengharapkan untuk menunjukan kepada dunia bahwa sikap dasar tersebut tidak berubah.
Katsutoshi Kaneda

0 komentar

Posting Komentar