Pertemuan PM Jepang dengan Menhan Amerika Serikat - HadaCircle

4 Februari 2017

Pertemuan PM Jepang dengan Menhan Amerika Serikat

PM Jepang Bertemu dengan Menhan AS - Menteri Pertahanan AS yang baru melakukan kunjungan pertamanya ke Jepang dan bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe. Yang mungkin masuk ke agenda pembahasan adalah sejumlah kekhawatiran di kawasan.

Shinzo Abe

James Mattis mengunjungi kantor Perdana Menteri pada hari Jumat (03/02/2017) setelah tiba dari Seoul.

Abe mengatakan dirinya berharap untuk memperlihatkan aliansi yang tak tergoyahkan antara Jepang dan AS kepada rakyat di dalam dan di luar Jepang bersama dengan Mattis dan Presiden Donald Trump.

Mattis mengatakan ia ingin tidak ada kesalahpahaman selama transisi di Washington bahwa AS berdiri berdampingan dengan perdana menteri dan rakyat Jepang. Mattis juga mengatakan kedua sekutu menghadapi sejumlah tantangan seperti ancaman yang berasal dari Korea Utara.

Detail percakapan mereka lebih lanjut masih belum diketahui. Tetapi kemungkinan mereka membahas sejumlah isu keamanan kawasan termasuk program nuklir dan peluncuran rudal balistik yang berulang kali oleh Pyongyang.

Pejabat-pejabat pemerintah yang menghadiri pertemuan itu mengatakan Mattis juga menyatakan dengan jelas bahwa Kepulauan Senkaku di Laut Cina Timur masuk dalam cakupan perjanjian keamanan antara Jepang dan AS. Jepang menguasai kepulauan itu, yang juga diklaim oleh Cina dan Taiwan. Pemerintah Jepang bersikukuh bahwa kepulauan itu adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang.

Pada hari Sabtu (04/02/2017), Mattis dijadwalkan untuk bertemu empat mata dengan mitranya Tomomi Inada.
Comments


EmoticonEmoticon