Cina Keluarkan Biaya 2,3 Triliun Rupiah untuk Hujan Buatan

Cina Keluarkan Biaya 2,3 Triliun Rupiah untuk Hujan Buatan - Pemerintah Cina akan membuat hujan buatan di wilayah seluas 96 ribu kilometer persegi di bagian barat laut negara tersebut.

Dikutip dari South China Morning Post, Beijing telah menggelontorkan dana sebesar Rp 2,3 triliun untuk mengguyur wilayah seluas dua kali negara Perancis itu. Ini dilakukan guna menanggulangi kekeringan yang telah berlangsung lama.

Rekayasa hujan dibuat dengan cara menyemai awan menggunakan garam iodida dan es kering. Bahan-bahan ini dibawa ke atas menggunakan pesawat terbang.Badan Meteorologi Cina memperkirakan proyek ini akan selesai dalam waktu empat tahun.

Hujan Buatan

Teknologi yang digunakan merusak awan termasuk cara lama. Pada tahun 2008 rekayasa hujan serupa juga pernah dilakukan Cina.

Saat itu, 1100 roket berisi iodida ditembakkan ke awan. Rekayasa cuaca dilakukan sebagai persiapan pembukaan dan penutupan Olimpiade Beijing 2008.

Namun, perubahan cuaca secara tiba-tiba dinilai membawa malapetaka bagi bumi. Lembaga Antariksa dan Penerbangan AS (NASA) mengungkapkan 2016 sebagai tahun terpanas. Mara bahaya seperti banjir, kekeringan, badai, dan kebakaran hutan bakal mengancam bumi. Rekayasa cuaca yang dilakukan secara berlebihan ditengarai berimbas pada kenaikan suhu bumi.

0 komentar

Posting Komentar