Beberapa Perayaan Besar pada Bulan Februari di Jepang

Berikut Beberapa Perayaan Besar pada Bulan Februari di Jepang - Tak terasa sudah memasuki bulan Februari, kali ini HadaCircle akan membagikan informasi daftar beberapa perayaan besar pada bulan Februari.

Setsubun

Jepang dikenal dengan begitu banyak perayaan besar setiap bulannya. Perayaan-perayaan tersebut pastinya memiliki makna dan filosofi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan diadakaan perayaan tersebut. Di saat musim dingin seperti bulan Februari, ternyata ada deretan perayaan yang biasa dilaksanakan oleh orang Jepang, khususnya dalam rangka menyambut musim semi. Apa saja perayaan besar di Jepang setiap bulan Februari? Diantaranya adalah:

Setsubun

Setsubun atau perayaan mengusir roh jahat ini rutin dilakukan pada awal bulan Februari, tepatnya setiap tanggal 3 Februari. Orang-orang akan melakukan ritual ini di rumah atau kuil. Caranya dengan melemparkan kacang kedelai panggang sambil mengucapkan “Oni wa soto, fuku wa uchi!” (“Iblis keluar, keuntungan masuk!”). Upacara tersebut dinamakan mame-maki. Biasanya, para artis terkemuka Jepang akan melakukan ini di kuil untuk membawa kebahagiaan.

Setsubun


Pada zaman dahulu, perayaan setsubun dilaksanakan empat kali dalam setahun. Tepatnya setiap pergantian musim di Jepang. Namun untuk saat ini perayaan setsubun dilakukan hanya saat pergantian musim dingin ke musim semi.

Sapporo Yuki Matsuri

Perayaan besar di Jepang setiap bulan Februari selanjutnya adalah Sapporo Yuki Matsuri atau Festival Salju Sapporo. Perayaan festival salju terbesar ini diselenggarakan di kota Sapporo, Hokkaido. Festival ini akan berlansung selama satu minggu di awal bulan Februari. Disini kita akan disuguhkan ukiran-ukiran salju yang begitu indah di tiga wilayah, yaitu Taman Odori, Susukino, dan Sapporo Satoland.

Sapporo

Hari Valentine

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan perayaan satu ini. Ya, perayaan hari kasih sayang atau dikenal dengan Valentine’s Day ini rutin dilakukan serentak di seluruh dunia pada tanggal 14 Februari. Seperti perayaan hari Valentine pada umumnya, para remaja di Jepang mengisi hari tersebut dengan berkumpul dengan keluarga, teman, sahabat bahkan pasangan. Tidak jarang pula momen ini dimanfaatkan untuk menyatakan perasaan kepada seseorang yang dicintainya.

Kamakura Matsuri

Festival salju lainnya adaah Kamakura Matsuri. Festival ini diselenggarakan di wilayah Akita yang dikenal mengalami musim dingin yang cukup ekstrim dibandingkan wilayah lainnya.

Kamakura


Kamakura sendiri memiliki arti ‘rumah salju’. Berbeda dengan Sapporo Yuki Matsuri, Kamakura Matsuri identik dengan bangunan-bangunan mini yang dilapisi salju. Festival ini diselenggarakan pada pertengahan bulan Februari selama 3 atau 4 hari. Kalau sedang di Akita di musim dingin, sempatkan untuk berkunjung kesini, ya!

Inukko Matsuri

Satu lagi festival salju di Jepang yang cukup populer adalah Inukko Matsuri. Festival ini diselenggarakan di minggu kedua di bulan Februari di daerah Yuzawa. Sesuai namanya, Inukko Matsuri ini merupakan pameran patung anjing dari salju. Rata-rata tinggi patung sekitar dua meter.

Inukko

Nah, HadaCircles, tertarik untuk menghabiskan musim dingin di Jepang? Jangan lupa ikuti perayaan-perayaan tersebut juga, ya!

0 komentar

Posting Komentar