Menakar Masa Depan Pembongkaran PLTN Fukushima - HadaCircle

3 Februari 2017

Menakar Masa Depan Pembongkaran PLTN Fukushima

Tinjauan: Menakar Masa Depan Pembongkaran PLTN Fukushima - Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo atau TEPCO telah mendeteksi sejumlah gumpalan hitam di bawah reaktor No. 2 di PLTN Fukushima Daiichi pada pekan ini. TEPCO menyatakan gumpalan hitam itu mungkin adalah bahan bakar nuklir yang meleleh. Penyelidikan lanjutan terhadap reaktor direncanakan akan berlangsung bulan ini. Komentator NHK Noriyuki Mizuno mengulas tentang signifikansi atas penyelidikan terbaru dan prospeknya untuk pekerjaan pembongkaran.

Fukushima

Mizuno mengatakan gumpalan hitam yang ditemukan dalam penyelidikan belum bisa dipastikan sebagai puing-puing bahan bakar yang meleleh. Tetapi untuk pertama kalinya memungkinkan bagi penyelidikan untuk mendekati reaktor. Menurut Mizuno penyelidikan terbaru ini jelas memberi langkah besar menuju pemindahan bahan bakar yang meleleh yang merupakan tugas paling sulit dalam pembongkaran reaktor.

Dalam penyelidikan terbaru, TEPCO mengirimkan sebuah kamera ke dalam bejana pengungkung di reaktor No. 2 melalui sebuah pipa yang menembus masuk ke dalam bejana. Untuk pertama kalinya penyelidikan bisa mengamati situasi tepat di bawah reaktor di dalam bejana. Gumpalan hitam tersebut tersangkut di sebuah anjungan. Karena gumpalan-gumpalannya ditemukan di banyak tempat di anjungan tersebut maka harus dipindahkan dengan pengendali jarak jauh. Mizuno menilai melanjutkan pekerjaan itu akan menjadi tantangan yang sangat besar.

TEPCO menyatakan belum mengonfirmasikan apakah gumpalan itu merupakan bahan bakar yang meleleh. Tetapi dari citra yang didapat dikonfirmasi bahwa air pendingin menetes dari reaktor seperti hujan. Hal itu berarti bahwa dipastikan reaktornya memiliki lubang-lubang dan air pendingin yang disiram ke dalamnya mengalami kebocoran. Menurut Mizuno memungkinkan bahwa bahan bakar yang meleleh tersebut jatuh dari lubang-lubang tersebut dan menumpuk di anjungan. Perusahaan tersebut berencana untuk melakukan penyelidikan terperinci pada bulan ini untuk menentukan apakah gumpalan tersebut bahan bakar yang meleleh atau tidak.

Pejabat pemerintah dan TEPCO menargetkan untuk memulai pekerjaan mengambil puing-puing bahan bakar yang meleleh mulai tahun 2021. Para pejabat itu menyatakan akan membuat keputusan pada musim panas tahun ini terkait metode pembuangannya seperti misalnya apakah diambil dari bagian atas atau sisi reaktornya.

Tetapi untuk memutuskan metode pembuangan ini para pejabat tersebut pertama harus mengetahui situasi bejana pengungkung secara keseluruhan, seperti misalnya seberapa banyak bahan bakar yang meleleh dan lokasinya. Penyelidikan terbaru adalah langkah besar tetapi Mizuno menilai TEPCO harus menganggapnya sebagai permulaan dari proses pembongkaran yang panjang. Mizuno mengharapkan proses itu bisa berlangsung secara cermat sehingga tidak akan ada lagi langkah mundur.
Comments


EmoticonEmoticon