Trump Nominasikan Gorsuch Untuk Sebuah Posisi di Mahkamah Agung

Trump Nominasikan Gorsuch Untuk Sebuah Posisi di Mahkamah Agung - Presiden AS Donald Trump menominasikan Neil Gorsuch, seorang hakim konservatif, untuk sebuah posisi di Mahkamah Agung.

Trump hari Selasa (31/01/2017) mengumumkan dirinya mendukung hakim pengadilan banding federal berusia 49 tahun tersebut untuk menggantikan Antonin Scalia, seorang hakim konservatif, yang telah meninggal setahun lalu.

Mahkamah Agung yang terdiri dari sembilan hakim ini membuat putusan-putusan penting terkait isu-isu yang kontroversial, seperti aborsi. Sejak kematian Scalia, mahkamah tersebut dipimpin oleh empat hakim konservatif dan empat liberal, dan keseimbangannya akan berubah apabila Gorsuch disetujui oleh Senat.

Neil Gorsuch

Berbicara di Gedung Putih, Trump mengatakan Gorsuch memiliki kemampuan hukum yang luar biasa dan telah mendapatkan dukungan lintas partai. Trump mengutarakan harapan agar anggota Partai Republik dan Partai Demokratik dapat menyetujui nominasi tersebut.

Namun Gorsuch menghadapi penentangan keras dari anggota Partai Demokratik setelah anggota Partai Republik menghalangi nominasi Mahkamah Agung oleh Presiden Barack Obama tahun lalu. Keretakan politik tersebut tampaknya akan semakin mendalam terkait pengukuhan kongres atas Gorsuch.

0 komentar

Posting Komentar