Departemen Kehakiman AS Bela Larangan Perjalanan - HadaCircle

5 Februari 2017

Departemen Kehakiman AS Bela Larangan Perjalanan

Departemen Kehakiman AS Bela Larangan Perjalanan - Gedung Putih menyatakan Departemen Kehakiman AS akan mengajukan mosi darurat sementara yang akan menganulir keputusan pengadilan atas perintah imigrasi Presiden Donald Trump.

White House


Sebuah pengadilan distrik federal di Seattle mengeluarkan putusan yang berlaku di seluruh AS, yang isinya menganulir diberlakukannya perintah eksekutif Trump yang untuk sementara waktu melarang pengungsi dan warga dari tujuh negara dari memasuki AS. Hakim federal Seattle James Robert mengeluarkan putusan anulir sementara itu, menanggapi permintaan negara bagian Washington.

Jaksa penuntut umum negara bagian Washington Bob Ferguson mengajukan gugatan yang menyebut perintah eksekutif Trump sebagai tidak konstitusional karena mendorong diskriminasi berdasarkan perbedaan ras dan agama. Ia mengupayakan penghentian segera dari larangan perjalanan tersebut.

Pada hari Jumat (03/02/2017) hakim membuat putusannya segera berlaku, sehingga larangan perjalanan ini dapat segera dicabut. Ferguson menyebut putusan ini sebagai kemenangan konstitusi, dengan menyatakan tidak ada seorangpun meskipun presiden yang berada di atas hukum.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer dalam pernyataan hari Jumat menyatakan Departemen Kehakiman berniat mempertahankan perintah eksekutif tersebut, yang diyakini pemerintahan Trump sebagai perintah yang berdasarkan hukum dan sesuai.

Media AS melaporkan bahwa putusan pengadilan ini merupakan kemunduran bagi perintah eksekutif yang memecah-belah ini. Namun disebutkan masih belum jelas bagaimana para pejabat imigrasi akan menanggapinya.
Comments


EmoticonEmoticon