Anda Seorang Introvert? - HadaCircle

28 Februari 2017

Anda Seorang Introvert?

Anda Seorang Introvert? - Pernah merasa minder/ iri ketika melihat orang lain begitu mudah bergaul dengan orang lain yang baru saja di kenal? Dianggap tidak mampu bersosialisasi karena tidak suka mendapat banyak perhatian dari orang lain? Atau merasa risih ketika berada di tengah kerumunan orang banyak yang tidak dikenal? Dianggap aneh karena lebih suka jalan-jalan sendirian dan menikmati 'me time' ketimbang pergi beramai-ramai? Dianggap lemah karena tidak terlalu menyukai adu argumen dengan orang lain? Ya, saya pernah merasakan itu semua. Dan semakin saya pikirkan, semakin saya sadari kalau saya memiliki kepribadian yang introvert. Mungkin saja Anda juga merasakan hal yang sama?

Introvert

Ya, saya pernah merasa iri dan minder dengan orang-orang ekstrovert di luar sana. Mereka terlihat begitu mudah bergaul sehingga banyak orang lain yang langsung menyukai mereka ketika pertama kali bertemu. Saya pernah iri karena orang-orang ekstrovert memiliki lebih banyak teman dan sangat mudah dikenali orang. "Oh, si A itu ya? Yang orangnya lucu banget?" atau "Iya.. si B yang pinter banget kalo ngomong itu ya?". Saya juga pernah merasa minder, karena kelihatannya orang-orang ekstrovert lebih mudah "diterima" oleh para pencari kerja karena sifat mereka yang supel dan memiliki kemampuan persuasif. Paling tidak, bidang pekerjaan untuk orang-orang ekstrovert kelihatan lebih banyak.

Sudah berkali-kali saya mencoba mengubah sifat introvert saya itu tapi rasa-rasanya tidak pernah berhasil, hingga saya kembali merasa minder karena saking susahnya mencoba jadi orang ekstrovert. Pertama kali saya mengetahui bahwa saya memiliki kepribadian introvert adalah ketika tes psikologi untuk masuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Dan setelah itu, ada banyak games dan kuis yang saya coba-coba untuk mengetahui tipe kepribadian saya. Semuanya menunjukkan hasil yang sama, bahwa saya adalah pribadi yang introvert.

Lalu apakah tipe pribadi introvert itu merupakan kepribadian yang tidak baik dan perlu diubah? Dulu saya pikir ya. Tapi akhirnya saya berubah pikiran karena menurut saya, ada banyak sisi positif yang dimiliki oleh para introvert. Apa saja itu?

1. Pendengar yang baik

Lebih sering dicurhati daripada curhat. Ini salah satu daya tarik intovert. Mereka adalah pendengar yang baik sehingga orang lain sangat suka meminta mereka untuk mendengarkan keluh kesah dan masalah yang sedang dihadapi. Introvert boleh dibilang jarang memberikan komentar atau nasihat yang 'menjatuhkan' saat orang lain membicarakan masalah dan kegalauan mereka. Kalaupun tidak bisa memberikan saran yang berguna, paling tidak mereka memiliki kesabaran yang luar biasa untuk mendengarkan. Dengan demikian, orang lain merasa sangat dihargai.

Ketika sedang berada di tengah pertemuan atau rapat, para introvert cenderung lebih suka mendengarkan dengan seksama ketimbang memotong pembicaraan orang lain dan mendebat hal-hal yang tidak mereka setujui. Introvert akan memberikan suaranya ketika diminta atau saat waktunya memang tepat.

2. Bisa membaca dan memahami situasi

Introvert sangat menjaga mulutnya. Mereka lebih suka mengamati keadaan sekitar sebelum mengeluarkan komentar-komentarnya dan cenderung berpikir dulu baru berbicara. Mereka selalu berusaha berkomentar di waktu dan tempat yang tepat untuk menghindari kegaduhan.

3. Tenang dan bisa meredakan suasana yang tegang

Menyukai kedamaian adalah salah satu ciri khas introvert. Mereka menyukai ketenangan dan jika terlibat di tengah-tengah situasi yang memanas, introvert pasti akan berusaha mendamaikan orang-orang yang bersitegang dengan bersikap senetral mungkin. Yah, meskipun kenyataannya bersikap netral itu sangat sulit.

4. Teliti dan detail

Karena sifatnya yang suka mengamati, introvert menjadi orang yang teliti dan "sadar" dengan detail-detail yang ada. Bagi mereka, detail berarti ada keteraturan yang menjaga supaya segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar.

5. Fokus dan memiliki pengetahuan yang luas

Seorang introvert memiliki sifat yang mudah fokus. Oleh sebab itu apapun yang dilakukan oleh introvert, mereka akan berusaha menyelesaikannya dengan sebaik mungkin. Sayangnya, karena saking fokusnya, introvert tidak menyukai dan kurang pandai melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan.

Para introvert juga gemar membaca dan mempelajari hal-hal baru yang menarik perhatian mereka, sehingga tak jarang para introvert memiliki pengetahuan yang lebih luas, karena mereka mengamati hal-hal yang luput dari perhatian orang lain pada umumnya.

6. Mandiri dan kreatif


Karena tidak terlalu menyukai perhatian dari banyak orang, introvert akan berusaha sebisa mungkin melakukan segala sesuatunya sendiri dan karena itu otaknya akan berpikir sekreatif mungkin untuk mencapai tujuannya, sebelum akhirnya meminta bantuan orang lain. Itulah mengapa banyak dari para introvert yang memiliki kepribadian yang mandiri.

7. Pandai mengontrol emosi

Tidak suka banyak perhatian, tenang dan pandai membaca situasi menjadikan para introvert juga pandai mengontrol emosi. Mereka tidak sembarangan mengeluarkan isi pikiran dan apa yang mereka rasakan pada sembarang orang yang tidak mereka kenal dekat. Introvert hanya mencurahkan pikiran-pikiran dan apa yang mereka rasakan pada orang-orang tertentu dan itu berarti orang tersebut adalah orang-orang yang sudah mereka percayai. Hal ini membuat introvert tampak lebih berwibawa dan tidak dianggap 'pecicilan'.

8. Selalu menemukan cara untuk menikmati hidup

Meski introvert lebih suka menyendiri dan tidak suka berada di tengah keramaian, mereka memiliki kualitas 'me time' yang lebih baik. Oleh sebab itu mereka selalu menemukan cara untuk menikmati hidup mereka meskipun sedang sendirian.

Setidaknya delapan hal positif diataslah yang bisa saya ambil dari pengalaman saya sebagai introvert. Jadi kalau boleh saya menyimpulkan, bagi kalian yang memiliki pribadi introvert janganlah minder ataupun iri dengan mereka para ekstrovert. Tidak ada manusia yang sempurna. meski introvert terkesan menarik diri dari pergaulan, pada kenyataannya introvert juga memiliki banyak sisi positif yang pantas dibanggakan. Menurut kalian sifat positif apa lagi yang dimiliki seorang introvert?

"Quite people have the loudest minds" - Stephen Hawking
Comments


EmoticonEmoticon