Jepang dan Rusia akan Bahas Wilayah Utara

Jepang dan Rusia akan Bahas Wilayah Utara - Jepang dan Rusia sepakat untuk menggelar putaran pertama pembicaraan bilateral di Tokyo pada Maret mendatang, terkait kegiatan ekonomi bersama di empat pulau yang dikuasai Rusia.

Rusia Jepang

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan puncak mereka bulan Desember lalu sepakat untuk memulai perundingan guna membentuk sistem khusus dalam menjalankan kegiatan ekonomi bersama di pulau-pulau tersebut tanpa mengancam posisi hukum Jepang atau pun Rusia. Kedua pemimpin juga sepakat untuk mempelajari cara-cara guna memungkinkan mantan penduduk pulau dari Jepang mengunjungi pulau-pulau itu secara bebas.

Jepang mengklaim keempat pulau yang dikuasai oleh Rusia tersebut. Pemerintah Jepang mempertahankan sikap bahwa pulau-pulau itu merupakan bagian tak terpisahkan dari wilayah teritorial Jepang. Dikatakannya bahwa pulau-pulau tersebut diduduki secara ilegal setelah Perang Dunia II.

Jepang menargetkan untuk mencapai kemajuan tertentu dalam perundingan tersebut saat kunjungan Abe ke Rusia yang direncanakan pada paruh pertama tahun ini.

0 komentar

Posting Komentar