Trump Kritik Jepang dan Cina Terkait Kebijakan Mata Uang - HadaCircle

Kamis, Februari 02, 2017

Trump Kritik Jepang dan Cina Terkait Kebijakan Mata Uang

Trump Kritik Jepang dan Cina Terkait Kebijakan Mata Uang - Presiden AS Donald Trump mengecam Jepang dan Cina dengan mengatakan kedua negara tersebut melemahkan mata uang masing-masing. Ini adalah kritik langsung pertama Trump terhadap kebijakan mata uang Jepang sejak dirinya dilantik.

Trump menyampaikan hal tersebut dalam sebuah pertemuan para eksekutif industri farmasi hari Selasa (31/01/2017).

Ia mengatakan, "Anda melihat apa yang Cina sedang lakukan dan Anda lihat apa yang Jepang telah lakukan selama bertahun-tahun. Keduanya memainkan pasar uang. Kedua negara ini memainkan pasar devaluasi, dan kita duduk di sini seperti kumpulan orang dungu."

Devaluasi mata uang dilihat sebagai langkah untuk membuat ekspor menjadi lebih bersaing.

Trump juga mengatakan negara-negara lain tengah mengambil keuntungan dari AS "dengan pasokan uang dan devaluasinya".

Para pengamat mengatakan pernyataan itu tampaknya ditujukan sebagai kritik terhadap kebijakan pelonggaran moneter Bank Sentral Jepang dan Bank Sentral Eropa.

Trump pekan lalu menyebutkan bahwa AS akan memasukkan sebuah klausul untuk mencegah manipulasi mata uang bagi seluruh kesepakatan perdagangan bilateral di masa depan guna mendorong ekspor.

Donald J Trump

Trump berjanji akan mengurangi defisit perdagangan AS. Kebijakan mata uang apa yang akan ia jalankan merupakan fokus perhatian menjelang pertemuan puncak Jepang-AS yang dijadwalkan pada 10 Februari mendatang.
Comments


EmoticonEmoticon