Putusan MA Mengenai Dihapuskannya Data Pribadi - HadaCircle

Kamis, Februari 02, 2017

Putusan MA Mengenai Dihapuskannya Data Pribadi

Putusan MA Mengenai Dihapuskannya Data Pribadi - Mahkamah Agung Jepang memberikan putusan bagi dihapuskannya data pribadi dari hasil pencarian Internet dalam kasus-kasus di mana privasi mengalahkan kebebasan dalam mempublikasikan informasi.

Pada hari Rabu (01/02/2017) ini, mahkamah tersebut menunjukkan kriteria baru terkait apakah data pribadi yang sensitif dari hasil-hasil pencarian harus dihapus atau tidak.

Putusan tersebut dilakukan berdasarkan keluhan seorang pria yang ditahan akibat dugaan eksploitasi seksual terhadap anak-anak 6 tahun lalu.

Ia meminta putusan pengadilan yang memerintahkan Google untuk menghapus tautan-tautan yang ditemukan yang berkaitan dengan namanya. Ia mengklaim bahwa tautan tersebut memasukkan artikel-artikel berita mengenai penahanannya.

Justice

Dalam putusan itu, hakim ketua Kiyoko Okabe mengatakan pencarian Internet merupakan dasar bagi jaringan komputer yang membuat orang mendapatkan informasi yang diperlukan dari data dalam jumlah yang besar.

Okabe juga mengatakan data pribadi dapat dihapus apabila perlindungan terhadap privasi mengalahkan kebebasan berekspresi penyedia informasi tersebut. Disebutkan putusan-putusan harus dibuat berdasarkan tingkat kepentingan sosial serta dampak kerusakan terhadap individu yang terkait.

Namun mahkamah tersebut menolak klaim sang penggugat atas dasar bahwa prostitusi anak-anak harus dikecam secara kuat, dan bahwa masyarakat menempatkan perhatian yang sangat besar terhadap kejahatan-kejahatan ini.
Comments


EmoticonEmoticon