Pertempuran Membesar di Ukraina Timur

Pertempuran Membesar di Ukraina Timur - Pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dengan kelompok pemberontak pro-Rusia meningkat di Ukraina timur, mengancam upaya-upaya AS dan Rusia guna memperbaiki hubungan keduanya.

Perang Ukraina

Sekitar 30 orang tewas dan belasan lainnya terluka sejak hari Minggu lalu (29/01/2017) akibat tembakan artileri di pinggiran Donetsk dan kawasan lainnya. Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyalahkan Rusia dan kelompok pemberontak pro-Rusia karena melakukan eskalasi krisis ini melalui pertempuran.

Juru bicara presiden Rusia Dmitry Peskov menuntut pemerintah Ukraina untuk menghentikan apa yang disebutnya tindakan yang tidak bisa diterima karena melanggar perjanjian damai. Pertempuran terus terjadi beberapa kali di Ukraina timur sejak kedua belah pihak menandatangani perjanjian gencatan senjata dua tahun lalu.

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan keduanya ingin memperbaiki hubungan yang memburuk di antara kedua negara. Namun pertempuan yang terjadi ini dapat menjadi hambatan bagi upaya perbaikan hubungan itu.

0 komentar

Posting Komentar