Resep Yokan Cokelat

Cara Membuat Yokan Cokelat - Tanggal 14 Februari merupakan hari kasih sayang atau Valentine's Day. Oleh karena itu kami akan mengajak Anda belajar membuat "Yokan Cokelat", yang bisa menjadi hidangan pencuci mulut sempurna pada hari itu. Yokan adalah makanan tradisional Jepang yang biasanya dibuat dari kacang yang direbus dengan gula dan agar-agar. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat yokan cokelat dengan bentuk hati. Ketimbang menggunakan bahan-bahan biasa, kami akan menambahkan tepung di dalam campuran cokelatnya kemudian dikukus dan dibuat jeli.

Yokan Cokelat

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

2 sendok makan cokelat bubuk
3 sendok makan (26g) gula
15g mentega

1 sendok teh kopi instan
2 sendok makan air panas

1/2 cangkir (100ml) susu
5 sendok makan (33g) tepung terigu

bubuk cokelat secukupnya untuk taburan

Yokan Cokelat

Cara Memasak Yokan Cokelat

  • Masukkan cokelat bubuk dan gula di dalam mangkuk dan aduk rata. Larutkan kopi instan dengan dua sendok air panas.
  • Masukkan mentega di dalam panci kecil dan panaskan dengan api kecil. Matikan kompor setelah menteganya meleleh. Tambahkan cokelat bubuk dan gula kemudian diaduk rata. Lalu masukkan larutan kopi dan nyalakan lagi api kompornya. Saat campurannya sudah lembut, matikan apinya. Adonan cokelatnya sudah siap.
  • Masukkan susu dingin ke dalam adonan cokelat dan aduk rata. Siapkan mangkuk berisi tepung terigu. Masukkan adonan cokelat ke dalam mangkuk dalam tiga tahap. Setelah tercampur saring dengan saringan. Adonan yokan sudah siap.
Yokan Cokelat

  • Bentangkan plastik pembungkus yang basah di dalam cetakan tahan panas berukuran kotak 14 sentimeter. Tuangkan adonan yokan ke dalam cetakan.
  • Rebus air panas di dalam kukusan kemudian masukkan cetakan ke dalam kukusan. Saat mengukus pasang kain di antara kukusan dan tutupnya. Ketika air panasnya sudah mendidih, kecilkan api dan kukus selama 15 hingga 20 menit. Keluarkan yokan dari kukusan dan tutup dengan bungkus plastik, lalu dinginkan yokan di dalam kulkas selama 30 menit.
  • Apabila sudah dingin, taburkan cokelat bubuk secukupnya dan potong-potong yokan dengan menggunakan cetakan kue berbentuk hati. Tempatkan potongan yokan berbentuk hati ke atas wadah dan taburkan lagi dengan cokelat bubuk. Yokan sudah siap disantap.

Yokan Cokelat

Evolusi unik Valentine's Day di Jepang

Di banyak negara, Valentine's Day adalah hari bagi orang-orang untuk menyatakan cinta atau mengirimkan kartu dan hadiah kepada orang yang mereka cintai. Di Jepang ada banyak produsen penganan yang mulai mempromosikan untuk memberikan cokelat di hari kasih sayang, sesuatu yang menarik perhatian kaum wanita. Hari ini menjadi masa bagi para wanita untuk menyatakan cinta kepada orang yang mereka sukai dengan memberikan cokelat. Selama musim ini ada puluhan kios cokelat yang dipasang dalam acara khusus di pusat-pusat perbelanjaan dan selalu dipenuhi oleh konsumen wanita. Cokelat untuk pacar lelaki, suami atau seseorang yang spesial disebut "honmei choco" atau cokelat jatuh hati. Sementara "Giri choco" atau cokelat kepatutan diberikan kepada bos dan sesama rekan pekerja. Akhir-akhir ini juga semakin banyak wanita yang membeli cokelat yang mahal untuk dinikmati sendiri atau "jibun choco" atau "cokelat saya." Valentine's Day bukan lagi untuk mereka yang tengah di mabuk asmara.

0 komentar

Posting Komentar