Abe Bantah Keterlibatan Keluarganya Terkait Jual Beli Tanah - HadaCircle

Sabtu, Maret 25, 2017

Abe Bantah Keterlibatan Keluarganya Terkait Jual Beli Tanah

Abe Bantah Keterlibatan Keluarganya Terkait Jual Beli Tanah - Perdana Menteri Shinzo Abe membantah keterlibatan dirinya maupun istrinya dalam penjualan tanah milik negara yang kontroversial di Provinsi Osaka, Jepang barat.

Shinzo Abe

Tanah itu dijual tahun lalu ke pengelola sekolah Moritomo Gakuen dengan harga jauh di bawah harga perkiraan. Pengelola tersebut berencana membuat sebuah sekolah dasar di lokasi itu.

Abe berbicara hari Jumat (24/03/2017) di Badan Anggaran Majelis Tinggi Jepang terkait pernyataan di bawah sumpah yang diberikan Direktur Moritomo Gakuen Yasunori Kagoike di dua komisi parlemen sehari sebelumnya.

Terkait faks yang dikirim staf pemerintah dari Akie, istri Abe, kemarin Kagoike menyatakan menerimanya setelah meninggalkan pesan suara yang meminta bantuan mendapatkan tanah itu. Faks tersebut menyampaikan bahwa pertanyaan sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan, tetapi pemerintah tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

Kepada komisi parlemen itu hari Jumat ini Abe menyatakan bahwa faks itu hanyalah pemberitahuan dari staf istrinya mengenai hasil pemeriksaan tersebut. Ia menekankan bahwa hal ini bukan berarti turut campur atau memberikan tekanan yang tidak pada tempatnya kepada kementerian itu.

Abe juga merujuk pada pernyataan Kagoike bahwa istri Abe memberikan sumbangan kepada Kagoike sebesar satu juta yen, atau sekitar 9.000 dolar di tahun 2015. Abe menyatakan dirinya sangat menyesalkan pernyataan Kagoike yang bertolak belakang dengan fakta yang ada.
Comments


EmoticonEmoticon