Keanggotaan AIIB Lampaui ADB

Keanggotaan AIIB Lampaui ADB - Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) yang dipimpin Cina menyatakan bahwa keanggotaannya bertambah menjadi 70. Ini melampaui keanggotaan Bank Pembangunan Asia (ADB) yang berjumlah 67.

aiib

Para pejabat AIIB pada hari Kamis (23/03/2017) mengungkapkan bahwa bank tersebut telah menyetujui 13 pemohon baru untuk bergabung menjadi anggota. Kanada, Belgia, Peru dan Hong Kong termasuk di antara anggota-anggota baru tersebut.

AIIB dan ADB, keduanya mendukung proyek-proyek infrastruktur di Asia. ADB yang berbasis di Manila dipimpin oleh Jepang dan Amerika Serikat.

Dengan bergabungnya Kanada, di antara negara-negara anggota G7 lainnya, tinggal Jepang dan AS yang belum menjadi anggota AIIB yang berbasis di Beijing yang didirikan tahun 2015 tersebut.

Presiden AIIB Jin Liqun mengatakan bahwa ketertarikan dari seluruh dunia telah menegaskan kemajuan pesat yang dicapai guna mewujudkan bank tersebut sebagai organisasi internasional. Jin mengatakan bahwa bank itu memiliki anggota dari hampir setiap benua dan bahwa AIIB memperkirakan akan ada lebih banyak lagi permohonan keanggotaan.

0 komentar

Posting Komentar