Indonesia Pertama Kali Ikuti Asian Winter Games

Indonesia Pertama Kali Ikuti Asian Winter Games - Indonesia yang dikenal sebagai negara tropis untuk pertama kalinya membuat sejarah dengan turut serta dalam ajang olahraga musim dingin Asian Winter Games dengan mengirimkan 34 atlet yang bertanding di cabang hoki es, seluncur es jarak pendek dan seluncur indah. Dalam Tinjauan kali ini Harry Warganegara Harun, Kepala Pengembangan Olahraga Komite Olimpiade Indonesia akan berbicara tentang pengalaman dan pelajaran yang didapat setelah berkompetisi di ajang ini.

8th Asian Winter Games

"Kita masih baru, tapi bisa dilihat bahwa teman-teman ini juga mendapat banyak pujian termasuk dari federasi internasional. Ini juga berkaitan dengan nama bangsa, kita bangsa besar dan sudah selayaknya juga kita memposisikan diri untuk di olahraga musim dingin. Kita bukan negara musim dingin, tapi kalau dibandingkan dengan sesama negara Asia Tenggara seperti Thailand yang sudah memulai olahraga musim dingin 30 tahun lalu dan Malaysia 17 tahun lalu. Malaysia karena merasa punya potensi, bahkan untuk pertama kalinya akan memasukkan cabang olahraga musim dingin di Sea Games tahun ini. Artinya Indonesia sudah tertinggal. Tapi dengan kemampuan yang ada saat ini, kami cukup bangga dengan para atlet, tentu semua ini tidak ada yang instan, kami akan berupaya untuk mendorong dan memberi semangat kepada mereka dan membina atlet-atlet junior yang ada dan memasyarakatkan olahraga musim dingin di Indonesia."

Apa tantangan mengembangkan olahraga musim dingin di Indonesia?

"Fasilitas untuk olahraga musim dingin di Indonesia yang memenuhi standar olimpiade sejujurnya kita belum punya. Kita juga meminta kepada pemerintah untuk bisa bersama-sama membuat fasilitas-fasilitas olahraga musim dingin setidaknya di kota-kota besar Indonesia. Para atlet olahraga musim dingin ini belum menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tapi sudah menjadi anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI), selama ini mereka membiayai sendiri. Supaya mendapatkan sentuhan pemerintah, maka mereka harus menjadi anggota KONI terlebih dahulu. Jadi federasi nasional yang sudah ada seperti hoki es dan seluncur es untuk bisa menjadi anggota KONI. Proses administrasinya juga ada, mereka harus mempunyai pengurus daerah minimal 10, hal itu harus dipenuhi, tetapi olahraga musim dingin ini agak unik karena tempat latihan mereka hanya ada di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Makanya pengurusnya boleh dibuat di daerah lain walaupun belum mempunyai fasilitas latihan, tidak langsung latihan teknis, ada latihan fisik. Contohnya ini berlaku untuk cabang olahraga berkuda, belum tentu semua daerah ada fasilitasnya tetapi mereka memiliki pengurus daerah."

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, apakah ada pelajaran yang dipetik dari penyelenggaraan Asian Winter Games kali ini untuk penyelenggaraan Asian Games mendatang?

"Kalau kami lihat dari Jepang ini bagaimana mereka mengatur pelayanannya terutama akomodasi dan transportasi yang dilakukan sesuai dengan waktu dan teratur, tidak ada yang terbengkalai. Yang menjadi catatan lain adalah saat saya mengecek ke hotel atlet, mereka bukan hanya menyajikan makanan yang sehat tetapi mereka juga merincinya dengan data-data nutrisi yang terkandung di setiap makanan sehingga bisa dilihat kalorinya, itu adalah salah satu yang akan kami tiru untuk melayani sekitar 15 ribu atlet, 8 ribu media serta para ofisialnya."

Sekian Tinjauan kali ini bersama Harry Warganegara Harun, Kepala Komisi Pengembangan Olahraga Komite Olimpiade Indonesia.

0 komentar

Posting Komentar