Bisnis Penolong Area Bencana

Bisnis Penolong Area Bencana - Pekan lalu, Jepang memperingati 6 tahun terjadinya gempa dan tsunami 11 Maret. Satu fokus dalam upaya rekonstruksi yang masih berlanjut, adalah peran yang dapat dimainkan bisnis. Bentuk yang paling umum dari dukungan perusahaan bagi kawasan yang terlanda bencana adalah mengirimkan donasi serta relawan. Namun, perusahaan-perusahaan mulai menemukan peluang baru dalam upaya bantuan yang dapat menguntungkan baik kawasan terlanda bencana maupun bisnisnya sendiri. Dalam Tinjauan hari ini, kami sajikan laporan dari koresponden NHK biro Morioka, Takuya Funaki.

Berita HadaCircle

Satu sistem pada sebuah klinik di Kota Kamaishi, Provinsi Iwate, memungkinkan dokter untuk membaca catatan medis melalui internet menggunakan perangkat tablet. Informasi dari sekitar 4.000 pasien dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Sistem itu dikembangkan oleh produsen besar peralatan kantor yang punya kaitan sedikit dengan bidang medis. Departemen revitalisasi inovatif perusahaan itu, dikepalai oleh Kunishi Higuchi. Ia dikirim untuk memberikan bantuan ke kawasan bencana sesaat setelah terjadinya Gempa Besar Jepang Timur. Perusahaan itu menyewakan mesin-mesin foto kopi multi fungsinya secara gratis bagi berbagai institusi medis yang terkena akibat bencana.

Saat itu, banyak penduduk lanjut usia mengalami masalah kesehatan, setelah kehilangan rumahnya serta terpaksa tinggal di perumahan sementara. Saat para dokter pergi untuk mengunjungi penduduk di sana, mereka mengalami kesulitan memberikan perawatan terbaik karena tidak memiliki catatan medis para pasien. Para dokter tidak dapat melihat sejarah medis pasien atau hasil tes darah. Setelah mendengar masalah itu dari para dokter, Higuchi mengembangkan sistem baru yang menggunakan pengetahuan perusahaannya. Catatan medis disimpan sebagai data digital yang dapat diakses dari luar klinik menggunakan sambungan internet. Sejak itu, berbagai institusi medis lainnya telah menerapkan sistem ini, yang menghasilkan kontrak senilai sekitar 5,2 juta dolar.

Higuchi mengatakan perusahaannya mengupayakan cara untuk membantu para pekerja kesehatan di kawasan yang terlanda bencana. Menurutnya, perusahaan tempat ia bekerja mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk memecahkan masalah masyarakat, melalui interaksi dengan warga setempat. Hal ini membawa pada pengembangan sistem itu.

Enam tahun telah berlalu sejak gempa besar dan tsunami melanda Jepang timur laut. Pendekatan jangka panjang diperlukan dalam menyokong rekonstruksi kawasan yang terdampak.

Demikian Tinjauan hari ini.

0 komentar

Posting Komentar