Analisis Pidato Trump di Kongres - Masa Depan Ekonomi AS - HadaCircle

4 Maret 2017

Analisis Pidato Trump di Kongres - Masa Depan Ekonomi AS

Analisis Pidato Trump di Kongres - Masa Depan Ekonomi AS - Tinjauan hari ini menampilkan nara sumber Ekonom Kepala Eksekutif di Lembaga Riset DAI-ICHI Life, Hideo Kumano, mengenai kebijakan ekonomi yang diusulkan oleh Presiden AS Donald Trump dalam pidato pertamanya di Kongres pada hari Selasa (28/02/2017).

Trump

Menurut Kumano, Presiden AS Donald Trump memiliki empat pilar pertumbuhan bagi ekonomi AS: meninjau kembali kesepakatan-kesepakatan perdagangan, menambah lapangan kerja, investasi infrastruktur, dan reformasi pajak yang bersejarah. Tetapi presiden AS itu tidak menjelaskan seberapa besar dampak positif kebijakan-kebijakan tersebut terhadap perekonomian AS. Sebagai contoh, dalam proposalnya untuk investasi infrastruktur senilai 1 triliun dolar, apakah hal ini bertujuan hanya untuk meremajakan prasarana yang menua, ataukah infrastruktur akan ditingkatkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Dalam bidang reformasi pajak, Trump tidak menjelaskan detail kebijakan, hingga sejauh mana dan kapan reformasi pajak ini akan dilakukan.

Keesokan harinya, pada hari Rabu (01/03/2017), harga-harga saham di New York sempat melonjak mencapai rekor tinggi baru. Tetapi hal ini tidak hanya karena harapan terhadap pidato Trump. Ekonomi AS telah menguat saat Trump menjabat. Ekonomi tumbuh sejak kuartal ketiga tahun lalu dengan meningkatnya sentimen konsumen. Dan Kumano berpendapat investor menunjukkan rasa lega atas pidato Trump.

Meski demikian, rancangan anggaran pemerintahan Trump untuk tahun fiskal 2018, yang dimulai bulan Oktober, belum diserahkan ke Kongres, bersamaan dengan masih adanya keterlambatan yang signifikan dalam mengisi kabinet serta penunjukan jabatan-jabatan politik tinggi pemerintahannya. Pemerintahan, dengan demikian, berada dalam posisi lemah untuk menyusun rincian kebijakan-kebijakan yang dijanjikan Trump.

Lebih jauh lagi, jika proposal pemangkasan pajak besar-besaran dan investasi infrastruktur Trump dijalankan, AS akan menghadapi defisit besar. Hal ini berlawanan dengan pemerintahan kecil, dan tidak akan disenangi oleh kubu konservatif. Pemerintahan Trump akan menghadapi banyak tantangan untuk mewujudkan kebijakan-kebijakan ini.
Comments


EmoticonEmoticon