Para Pemimpin Uni Eropa Janji Perkuat Kesatuan - HadaCircle

Senin, Maret 27, 2017

Para Pemimpin Uni Eropa Janji Perkuat Kesatuan

Para Pemimpin Uni Eropa Janji Perkuat Kesatuan - Para pemimpin Uni Eropa berjanji akan memperkuat kesatuan blok pada peringatan 60 tahun sebuah kesepakatan bersejarah yang menjadi fondasi bagi Uni Eropa.

Uni Eropa

Uni Eropa memulai dengan Komunitas Ekonomi Eropa yang dibentuk dari Perjanjian Roma. Pakta tersebut ditandatangani pada tahun 1957 oleh Prancis, Jerman Barat dan empat negara lainnya. Para pemimpin Uni Eropa mengadakan pertemuan puncak di Roma hari Sabtu (25/03/2017) untuk memperingati 60 tahun sejak dirampungkannya perjanjian tersebut. Sebanyak 27 negara dari 28 anggota blok itu ikut serta. Hanya Inggris yang tidak hadir. Tanggal 29 Maret mendatang Inggris secara resmi memulai proses keluar dari Uni Eropa.

Dalam pernyataan yang disebut sebagai Deklarasi Roma para pemimpin itu menegaskan tekad mereka untuk meningkatkan kesatuan guna mengatasi sejumlah tantangan yang dihadapi oleh blok tersebut. Di antaranya termasuk serangkaian serangan teroris, arus pengungsi dan imigran serta meningkatnya proteksionisme. Deklarasi itu tidak menunjukkan arah baru masa depan bagi Uni Eropa.

Perhatian tertuju pada apakah pertemuan puncak tersebut akan mempercepat dukungan atas apa yang disebut sebagai Eropa dengan beragam kecepatan. Hal ini akan mengizinkan beberapa negara anggota lebih cepat berinetragsi dibandingkan yang lainnya.

Pendekatan Eropa dengan beragam kecepatan ini disokong oleh Jerman dan Prancis di antara negara lain. Negara-negara Eropa Timur khawatir akan tertinggal dalam upaya integrasi jika pendekatan baru ini disahkan.
Comments


EmoticonEmoticon