Makna Warna Putih dan Lingkaran Merah pada Bendera Jepang

Makna Warna Putih dan Lingkaran Merah pada Bendera Jepang - Bendera Jepang memiliki desain yang sangat sederhana, dengan warna dasar putih dan lingkaran merah yang berada di tengahnya. Bukan warna merah yang mencolok, melainkan berwarna merah seperti crimson red atau merah lembayung, lambang tersebut mewakili matahari terbit di timur, itulah mengapa Jepang disebut sebagai Negeri Matahari Terbit

Japan Flag

Nama resmi dari bendera Jepang adalah Nissho-ki (日章旗), namun sebagian besar orang mengatakannya sebagai Hinomaru (日の丸) atau yang berarti lingkaran matahari. Warna putih yang terdapat di bendera Jepang melambangkan kejujuran dan integritas yang dianut oleh masyarakat Jepang.

Japan

Sementara itu, lingkaran merah di bendera itu melambangkan ketulusan dan mewakili Dewi Amaterasu, dewi matahari dalam mitologi Jepang. Dewi paling penting dalam agama Shinto ini konon dianggap sebagai pendiri Jepang sekaligus nenek moyang para kaisar-kaisar di Jepang.
Phatmass.com

Selain Hinomaru, ada lagi satu bendera yang oleh mereka disebut Kyokujitsu-ki, bendera pasukan pertahanan diri Jepang. Kyokujitsu-ki adalah bendera tentara Jepang selama Perang Dunia sebagai simbol kemenangan dan dahulu digunakan sebagai bendera nasional pada tahun 1870.

Bendera Kyokujitsu-ki dianggap kontroversial, beberapa negara seperti Korea membenci bendera ini karena mereka berpikir Kyokujitsu-ki adalah bendera perang dunia dan itu tidak pantas untuk digunakan. Namun, beberapa orang masih sering terlihat mengibarkan bendera ini dalam pertandingan olahraga nasional seperti sepak bola.

0 komentar

Posting Komentar