Jepang dan AS Perkukuh Kerja Sama Hadapi Korea Utara

Jepang dan AS Perkukuh Kerja Sama Hadapi Korea Utara - Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dan mitranya dari AS Rex Tillerson menegaskan bahwa kedua negara bersama Korea Selatan akan bekerja sama menghadapi Korea Utara.

Fumio Kishida

Kedua menteri menggelar keterangan pers bersama setelah bertemu di Tokyo pada hari Kamis (16/03/2017). Kishida mengatakan bahwa keduanya berbagi pandangan atas program rudal dan nuklir Korea Utara yang dinilai sangat tidak dapat diterima dan sepakat mendesak Korea Utara agar menahan diri dari segala aksi provokasi dan mematuhi resolusi DK PBB.

Tillerson menyerukan adanya pendekatan baru menghadapi Korea Utara. Ia mengatakan kebijakan AS selama dua dekade terakhir mengalami kegagalan dengan membiarkan Korut mengembangkan senjata nuklir dan rudal balistik. Kishida dan Tillerson juga membahas tentang pentingnya peran Cina dalam mengatasi masalah ini. Kishida mengatakan Jepang dan AS harus bersama-sama mendesak Cina untuk memainkan peran yang lebih produktif.

Kedua menteri juga membahas aktivitas Cina di Laut Cina Timur dan Selatan. Kishida mengatakan bahwa saat menjelaskan kebijakan dasar Jepang untuk memperbaiki hubungan dengan Cina, ia juga menyampaikan kepada Tillerson bahwa dirinya menghargai komitmen AS atas Kepulauan Senkaku. Tillerson mengatakan bahwa keduanya mengukuhkan bahwa Perjanjian Keamanan Jepang-AS mencakup Kepulauan Senkaku.

0 komentar

Posting Komentar