Hibakusha Berpidato di Konferensi PBB - HadaCircle

Kamis, Maret 30, 2017

Hibakusha Berpidato di Konferensi PBB

Hibakusha Berpidato di Konferensi PBB - Setsuko Thurlow, seorang korban selamat pembomatoman Hiroshima tahun 1945 mengutarakan harapannya agar perundingan PBB mengenai perjanjian guna secara hukum melarang senjata nuklir, akan sukses. Wanita yang kini tinggal di Kanada itu, mengalami pemboman itu saat ia berusia 13 tahun. Saat itu ia berada sekitar 1,8 km dari Titik Ledakan.

Setsuko Thurlow

Thurlow memberikan pidatonya sebelum para perwakilan lebih dari 100 negara menghadiri konferensi tersebut, yang diadakan di markas besar PBB di New York pada hari Selasa (28/03/2017). Thurlow berbicara mengenai bagaimana keponakan laki-lakinya yang berusia 4 tahun meninggal. Katanya, bocah itu terbakar hingga tak dapat dikenali akibat panas bom tersebut dan meninggal dengan merasa kehausan. Wanita itu menyerukan konferensi tersebut untuk mendeklarasikan bahwa senjata nuklir adalah tak bermoral dan ilegal.

Ia mengkritik pemerintah Jepang karena tidak turut serta dalam negosiasi itu. Menurutnya itu membuat para korban selamat bom atom atau hibakusha merasa dikhianati dan terabaikan oleh negaranya sendiri.

Ia merampungkan pidatonya dengan menyerukan para hadirin untuk mengingat para korban di Hiroshima dan Nagasaki, serta untuk tidak menyia-nyiakan kematian para korban. Dirinya menambahkan bahwa ia dan para korban selamat lainnya meyakini bahwa suatu perjanjian seperti ini akan mengubah dunia.
Comments


EmoticonEmoticon