Ilmuwan Jepang Raih Penghargaan Gairdner

Ilmuwan Jepang Raih Penghargaan Gairdner - Seorang ilmuwan Jepang telah memenangkan penghargaan kedokteran medis internasional yang bergengsi, atas temuannya mengenai unsur yang menurunkan kolesterol. Yayasan Gairdner Kanada menyampaikan pengumuman mengenai Akira Endo dan para pemenang lainnya dari Penghargaan Internasional Gairdner Kanada tahun ini pada hari Selasa (28/03/2017).

Akira Endo

Yayasan itu memberikan pengakuan terhadap para peneliti setiap tahunnya atas temuan atau kontribusi terhadap sains medis. Endo adalah ahli biokimia berusia 83 tahun. Ia adalah Profesor Emeritus Terhormat di Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo.

Saat bekerja di perusahaan farmasi sekitar tahun 1971, Endo mulai mengembangkan obat yang akan menurunkan tingkat kolesterol dalam darah guna melawan arteriosklerosis. Di tahun 1973, ia menemukan bahwa unsur yang disebut statin yang dihasilkan oleh penisilium menghalangi sintesa kolesterol dalam tubuh manusia dan secara drastis menurunkan levelnya.

Di tahun 1987, obat yang berbasis statin dipasarkan sebagai obat arteriosklerosis. Diperkirakan 40 juta orang di dunia menggunakan obat itu setiap hari.

0 komentar

Posting Komentar