Jepang Ingin Korut Masuk Daftar Penyokong Terorisme - HadaCircle

Senin, Maret 06, 2017

Jepang Ingin Korut Masuk Daftar Penyokong Terorisme

Jepang Ingin Korut Masuk Daftar Penyokong Terorisme - Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan Jepang sudah lama menyetujui untuk menetapkan Korea Utara sebagai negara yang mensponsori terorisme dan ia ingin bekerja erat dengan Amerika Serikat (AS) dalam hal ini. Hari Senin (06/03/2017) Abe merujuk pada seruan di AS agar Korea Utara ditetapkan kembali ke daftar itu setelah pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Shinzo Abe

Tahun 1988 AS menempatkan Korea Utara dalam daftar negara yang mensponsori terorisme namun menghapuskannya 2 dekade setelahnya. Abe mengatakan Washington mempertimbangkan mencabut penetapan itu saat ia menjabat perdana menteri antara tahun 2006 hingga 2007, dan ia dengan teguh menentang ide tersebut.

Abe mengatakan saat itu ia menyampaikan kepada AS bahwa penculikan warga negara Jepang serta warga negara lain oleh Korea Utara bukanlah hanya terkait isu hak asasi manusia namun juga terkait langsung dengan terorisme. Menurutnya pemerintah dengan erat memantau perkembangan terkait pembunuhan Kim Jong Nam. Ia juga mengatakan Korea Utara amat tak dapat diprediksi dan terlibat dalam berbagai kegiatan mata-mata, sehingga pemerintah tetap dalam keadaan waspada.
Comments


EmoticonEmoticon