Jepang dan Rusia Mulai Bahas Kegiatan Ekonomi Kawasan Utara

Jepang dan Rusia Mulai Bahas Kegiatan Ekonomi Kawasan Utara - Pejabat Jepang dan Rusia memulai pembahasan kegiatan ekonomi bersama di empat pulau yang dikuasai Rusia tetapi diklaim oleh Jepang.

Rusia Jepang

Deputi Menteri Luar Negeri Jepang Taeko Akiba dan mitranya dari Rusia Igor Morgulov bertemu di Tokyo hari Sabtu (18/03/2017). Akiba menyatakan dirinya berharap kedua pihak semakin menuju target bersama yakni merampungkan pakta perdamaian tanpa mengubah pendirian hukum kedua pihak atas pulau-pulau tersebut.

Morgulov mengatakan Rusia telah menyiapkan sejumlah proposal. Pihak Jepang diperkirakan akan mengajukan proyek-proyek di bidang akuakultur, pariwisata, dan layanan telemedicine atau pengobatan jarah jauh. Bidang-bidang ini berdasarkan permintaan mantan penduduk pulau-pulau tersebut serta daerah-daerah di Provinsi Hokkaido, Jepang utara.

Pejabat itu juga akan membahas cara-cara untuk mengizinkan warga Jepang mantan penduduk untuk mengunjungi pulau-pulau itu dengan lebih mudah.

Pertemuan keduanya dilakukan setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan Desember sepakat memajukan pembahasan kegiatan bersama di empat pulau itu.

Pemerintah Jepang bersikukuh bahwa pulau-pulau itu adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang, dan menyatakan pulau-pulau itu diduduki secara ilegal pasca Perang Dunia II.

0 komentar

Posting Komentar