Lam Dipilih Menjadi Eksekutif Kepala Hong Kong - HadaCircle

Senin, Maret 27, 2017

Lam Dipilih Menjadi Eksekutif Kepala Hong Kong

Lam Dipilih Menjadi Eksekutif Kepala Hong Kong - Komite pemilihan Hong Kong memilih calon pro-Beijing Carrie Lam sebagai pemimpin baru wilayah itu.

Carrie Lam

Ia adalah pemimpin wanita pertama Hong Kong sejak Inggris mengembalikan wilayah itu kepada Cina pada tahun 1997.

Lam mengalahkan mantan Menteri Keuangan John Tsang dan mantan hakim Woo Kwok-hing dalam pemilihan hari Minggu (26/03/2017). Ia mendapat 777 suara dari komite beranggotakan 1.200 anggota, yang terdiri atas anggota parlemen serta perwakilan dari sektor bisnis.

Lam berusia 59 tahun. Ia menduduki jabatan tertinggi kedua dalam pemerintahan Hong Kong, yaitu Sekretaris Kepala, selama hampir lima tahun di bawah Eksekutif Kepala Leung Chun-ying, yang akan mengakhiri masa jabatan.

Lam, yang dijuluki "Wanita Besi Hong Kong", menolak tuntutan mahasiswa pengunjuk rasa bagi pemilu demokratis pada tahun 2014.

Jajak pendapat sebelum pemilu menunjukkan dukungan yang lebih kuat bagi Tsang. Ia dipandang lebih bersedia mendengarkan warga muda dan mendapat tingkat dukungan 52 persen - 20 poin lebih tinggi dibandingkan Lam. Sementara Lam didukung oleh deputi-deputi pro-Beijing, yang merupakan lebih dari 60 persen anggota komite pemilihan.

Lam akan mulai menjabat tanggal 1 Juli, yang menandai peringatan 20 tahun pengembalian Hong Kong ke Cina. Ia diperkirakan akan menghadapi penentangan dari rakyat yang memandang kemenangannya sebagai hasil dari intervensi Beijing.
Comments


EmoticonEmoticon