Upaya Pencabutan Larangan Keluar dari Korut

Upaya Pencabutan Larangan Keluar dari Korut - Pemerintah Malaysia telah mengungkapkan bahwa pembicaraan tak resmi tengah berlangsung bagi pelepasan 9 warga negaranya yang terdampar di Korea Utara. Pyongyang pekan lalu mengumumkan larangan keluar sementara atas warga negara Malaysia yang berada di negara tersebut.

Kasus Jong Nam

Malaysia menanggapi dengan menerapkan larangan keluar yang serupa atas warga Korea Utara yang berada di Malaysia. Hari Senin (13/03/2017) pemerintah Malaysia mengungkapkan pembicaraan tak resmi tersebut. Sejauh ini telah dilakukan tiga putaran pembicaraan.

Deputi Perdana Menteri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi mengatakan prioritas utama pihaknya adalah menjamin keselamatan 9 warga Malaysia yang berada di Pyongyang. Perkembangan ini muncul tepat satu bulan sejak Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, tewas akibat serangan 2 wanita di Bandara Internasional Kuala Lumpur, yang mengoleskan zat saraf VX beracun ke wajahnya.

Otoritas Malaysia menghadapi kesulitan dalam penyelidikan kematian itu. Empat warga negara Korea Utara yang diyakini mendalangi penyerangan itu telah meninggalkan Malaysia. Kedutaan Besar Korea Utara menolak untuk mengizinkan polisi di Malaysia guna mewawancarai pejabat kedutaan serta pegawai maskapai penerbangan Korea Utara.

0 komentar

Posting Komentar