Menkeu Jepang dan AS Bahas Kebijakan Mata Uang - HadaCircle

Minggu, Maret 19, 2017

Menkeu Jepang dan AS Bahas Kebijakan Mata Uang

Menkeu Jepang dan AS Bahas Kebijakan Mata Uang - Menteri Keuangan Jepang Taro Aso dan mitranya dari AS Steven Mnuchin menyepakati pentingnya mempertahankan konsensus atas kebijakan mata uang yang telah dicapai negara-negara G7 dan G20.

Steven Mnuchin and Taro Aso

Aso dan Mnuchin berbicara untuk pertama kalinya hari Jumat (17/03/2017) di sela-sela pertemuan G20 di Jerman.

Setelah berbincang selama 40 menit, Aso berbicara pada wartawan bahwa keduanya sepakat untuk melanjutkan diskusi bilateral yang erat perihal kebijakan mata uang.

Aso juga menyatakan keduanya menegaskan kembali persepsi bersama atas kebijakan mata uang di antara negara-negara G7 dan G20, seperti bahwa perubahan berlebihan dan pergerakan liar dalam perdagangan valuta asing dapat merugikan ekonomi dan stabilitas keuangan.

Negara-negara G7 dan G20 juga menyepakati untuk menghindari persaingan devaluasi mata uang guna menciptakan perindustrian yang kompetitif.

Aso memberitahu pada Mnuchin bahwa perdagangan bebas berkontribusi besar pada kemakmuran ekonomi. Dirinya juga menekankan perlunya melawan proteksionisme.

Departemen Keuangan AS mengeluarkan pernyataan Mnuchin dan Aso menggarisbawahi bahwa kedua negara perlu bekerja sama dengan erat dan konstruktif guna membina pertumbuhan yang kuat dalam perekonomian global. Tetapi pernyataan itu tidak menyinggung pembahasan mengenai kebijakan mata uang.
Comments


EmoticonEmoticon