Cina Naikkan Anggaran Pertahanan Negara

Cina Naikkan Anggaran Pertahanan Negara - Otoritas Cina mengungkapkan bahwa anggaran pertahanan negara itu tahun ini akan dinaikkan sebesar 7 persen dari tahun sebelumnya. Anggaran tersebut akan melampaui angka 1 triliun yuan untuk pertama kalinya.

HadaCircle.com

Seorang pejabat kementerian keuangan Cina pada hari Senin (06/03/2017) merilis angka tersebut melalui kantor berita resmi Xinhua. Pejabat itu mengatakan bahwa anggaran pertahanan untuk tahun 2017 akan berada di angka 1,04 triliun yuan, atau sekitar 151 miliar dolar, yaitu tiga kali lipat dibandingkan 10 tahun lalu.

Angka tersebut tampaknya belum mencakup pembelian jet-jet tempur asing, atau biaya penelitian dan pengembangan. Para pakar menyebutkan bahwa belanja sebenarnya lebih tinggi dari angka resmi itu.

Militer Cina tengah menambah kapal-kapal induk yang diproduksi di dalam negeri dan secara cepat melakukan pengadaan sistem pertahanan canggih, sehingga meningkatkan kekhawatiran di kalangan masyarakat internasional.

Perdana Menteri Cina Li Keqiang memperjelas dalam laporan kepada Kongres Rakyat Nasional pada hari Minggu (05/03/2017) bahwa negara itu akan terus melanjutkan pembangunan militernya. Ia mengatakan bahwa Cina tengah secara cepat menjadi negara dengan kekuatan maritim guna melindungi kepentingan maritim dan mempertahankan perairan teritorial, udara dan perbatasan-perbatasannya.

0 komentar

Posting Komentar