Resep Onigiri (Nasi kepal)

Cara Membuat Onigiri (Nasi kepal)

Onigiri

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

Onigiri isi salmon panggang (cukup untuk 4 nasi kepal)
・400 gram nasi
・Setengah potong salmon (50 gram)
・Garam
・Biji wijen putih

Onigiri isi tuna dan mayonnaise (cukup untuk 4 nasi kepal)
・400 gram nasi
・40 gram tuna kalengan
・2 sendok teh mayonnaise
・Garam

Onigiri panggang rasa kecap asin (cukup untuk 4 nasi kepal)
・400 gram nasi
・Kecap asin
・Garam

Onigiri

Cara Memasak Onigiri (Nasi kepal)

  • Untuk onigiri isi salmon panggang, taburi salmon dengan garam, biarkan sedikitnya 30 menit. Tiriskan dan panggang di atas penggorengan. Buang kulit dan tulangnya dengan hati-hati, lalu belah menjadi kepingan kecil.
  • Masukkan 100 gram nasi ke dalam mangkuk kecil. Masukkan seperempat potongan kecil salmon ke tengah-tengah nasi. Pastikan isi salmon tadi terbungkus nasi.
Onigiri

  • Basahi kedua tangan Anda dan lumuri dengan sedikit garam. Balikkan mangkuk nasi itu ke tangan Anda, tekan dan bentuk menjadi bola.
  • Untuk onigiri isi tuna dan mayonnaise, tiriskan tuna kalengan lalu campur dengan mayonnaise. Masukkan campuran tadi ke tengah-tengah nasi, seperti memasukkan salmon sewaktu membuat onigiri isi salmon panggang. Bentuk nasi menjadi bola. Lalu pepatkan menjadi bulatan pipih dengan tebal sekitar 3 sentimeter di antara kedua telapak tangan Anda. Kemudian gunakan kedua tangan untuk membentuknya menjadi segitiga.
Onigiri

  • Untuk onigiri panggang, bentuk nasi menjadi bulatan pipih. Panggang di atas penggorengan. Balikkan kalau nasinya sudah berubah warna. Celupkan ke dalam kecap asin dan masukkan lagi ke dalam penggorengan. Panggang lagi dengan api kecil, teruslah dibolak-balik hingga coklat keemasan.

Bento (Bekal Makan Siang Orang Jepang)

Onigiri seringkali menjadi bagian utama dari bento atau bekal makan siang orang Jepang. Biasanya dalam satu kemasan bento berisi berbagai masakan. Bento sering dibawa ketika piknik atau ke sekolah dan tempat kerja. Anak-anak suka sekali bento buatan rumah.
Bento umumnya terdiri dari onigiri, sosis kecil yang dipanggang, omelet gulung, ayam atau udang goreng. Kemasan bento idealnya terdiri dari bermacam-macam warna, yang bukan hanya menarik dipandang tetapi juga sebagai pertanda makanan yang seimbang.
Belakangan ini semakin banyak orang yang membuat dan membawa bento ke tempat kerja. Bento buatan sendiri selain sehat, juga menghemat uang dalam masa ekonomi sulit seperti sekarang ini. Para pria yang membuat bento sendiri disebut sebagai Bento Danshi atau Lelaki Bento.
Bento siap saji juga tersedia di pasar swalayan dan toko 24 jam di seluruh Jepang. Ada juga yang disebut ekiben (‘bento stasiun’) yang dijual di stasiun kereta dan soraben (‘bento langit’) yang dijual di bandara. Bento stasiun dan bandara ini biasanya menampilkan bahan dan masakan khas setempat.

0 komentar

Posting Komentar