Peneliti AS: Aktivitas di Lokasi Uji Nuklir Korut

Peneliti AS: Aktivitas di Lokasi Uji Nuklir Korut - Sekelompok peneliti AS mengatakan aktivitas akhir-akhir ini di Korea Utara mengarah pada persiapan yang tengah disiapkan bagi sebuah uji coba nuklir baru.

HadaCircle

Kelompok tersebut di Universitas Johns Hopkins pada hari Selasa (28/03/2017) mengunggah sebuah studi gambar satelit di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri di timur laut negara tersebut yang diambil pada Sabtu pekan lalu.

Para peneliti tersebut mengatakan gambar-gambar dari pintu masuk gerbang utara fasilitas tersebut menunjukkan bahwa kabel-kabel yang diletakkan di tanah tampaknya akan digunakan untuk mengumpulkan dan memproses data. Gerbang tersebut pernah digunakan dalam uji coba nuklir sebelumnya.

Para peneliti juga mengatakan air tengah dipompa keluar dari gerbang tersebut, diperkirakan untuk membuat terowongan tetap kering bagi pemasangan alat pengawas atau komunikasi.

Menurut para peneliti tersebut, kombinasi faktor-faktor ini secara kuat mengarah pada persiapan uji coba yang sedang berjalan, namun ditambahkan bahwa gambar itu tidak memberikan bukti jelas.

Mereka menyebutkan Korea Utara mampu untuk menipu dan kewaspadaan harus diterapkan sebelum mengumumkan adanya uji coba nuklir.

0 komentar

Posting Komentar