Prospek Ekonomi Jepang Fiskal 2017 - HadaCircle

Kamis, Maret 30, 2017

Prospek Ekonomi Jepang Fiskal 2017

Prospek Ekonomi Jepang Fiskal 2017 - Dalam Tinjauan hari ini, Kepala Ekonom Institut Riset DAI-ICHI Life, Hideo Kumano, akan menjabarkan mengenai perkiraan perekonomian Jepang dalam tahun fiskal 2017, yang akan dimulai pada bulan April.

Prospek Fiskal

Perekonomian Jepang secara moderat tumbuh sejak kira-kira satu tahun lalu, berkat ekspor yang marak oleh sektor manufaktur karena kuatnya perekonomian luar negeri. Kumano memperkirakan perekonomian dunia akan tumbuh dalam laju yang pesat pada paruh pertama tahun fiskal 2017. Seberapa positif pengaruh ekspor yang marak terhadap perekonomian dalam negeri, akan menjadi kunci terhadap prospek perekonomian Jepang.

Satu faktor risiko luar negeri yang tak boleh dilupakan adalah kebijakan ekonomi oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Ia telah menjanjikan sejumlah kebijakan yang tampaknya akan memiliki efek positif terhadap ekonomi, seperti investasi satu triliun dolar dalam infrastruktur AS serta pemangkasan pajak perusahaan. Jika kebijakan tersebut diterapkan dan perekonomian AS, yang pertumbuhannya kini berada pada sekitar 2 persen, mencapai 4 persen seperti yang dikatakan Trump, itu akan membawa keuntungan signifikan bagi perekonomian Jepang. Namun baru-baru ini, terdapat kekhawatiran yang semakin meningkat bahwa Trump tidak akan dapat bekerja dengan Kongres untuk mewujudkan agendanya, dan bahwa janji-janjinya akan berakhir dalam kekecewaan. Kumano memandang perekonomian Jepang akan membaik, terangkat oleh perekonomian AS, namun kita mungkin tengah melihat beberapa pertanda peringatan bahwa skenarionya mungkin tidak seperti yang diharapkan.

Di Eropa, Inggris akan memulai negosiasi untuk meninggalkan Uni Eropa. Namun dampak yang lebih signifikan terhadap perekonomian Jepang tampaknya adalah pemilu presiden Prancis yang akan diadakan mulai April hingga Mei. Jika pemimpin partai Front Nasional sayap kanan, Marine Le Pen, terpilih dan kebijakan proteksionis diterapkan, ada kekhawatiran bahwa tidak hanya Prancis, namun juga negara-negara Eropa lainnya akan enggan untuk mengambil langkah-langkah perdagangan bebas.

Di Cina juga, para anggota Politbiro dan Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional akan berubah secara dramatis, saat Kongres Partai Komunis diselenggarakan pada musim gugur. Semua pejabat senior terkecuali Xi Jinping, yang adalah Sekretaris Jendral Partai Komunis, akan berubah, dan ini diperkirakan akan membawa perubahan dalam kebijakan perekonomian Cina.

Kumano meyakini bahwa perekonomian Jepang dalam tahun fiskal 2017 akan dipengaruhi oleh perkembangan politik luar negeri ini. Pada sisi domestik, akan ada negosiasi upah dari perusahaan-perusahaan kecil dan menengah menjelang bulan Juli. Jika kenaikan upah lebih tinggi daripada yang dicapai tahun lalu, maka pertumbuhan dalam pengeluaran pribadi mungkin akan kuat.

Namun kita harus memperhitungkan pasar mata uang. Yen yang lebih kuat akan memberatkan ekspor Jepang. Yen yang lebih lemah akan mengakibatkan harga-harga impor meningkat, mendorong tingkat kenaikan harga dan kemudian melemahkan keinginan konsumen untuk berbelanja. Guna memastikan bahwa perekonomian Jepang berada pada jalurnya untuk mencapai pertumbuhan yang stabil, maka langkah-langkah yang solid harus diterapkan. Ini termasuk mendorong produksi per kapita yang akan meningkatkan pemasukan perusahaan dan maka itu membawa pada kenaikan upah.

Demikian Tinjauan hari ini.
Comments


EmoticonEmoticon