Pemilihan Presiden Korea Selatan Tanggal 9 Mei - HadaCircle

Kamis, Maret 16, 2017

Pemilihan Presiden Korea Selatan Tanggal 9 Mei

Pemilihan Presiden Korea Selatan Tanggal 9 Mei - Pemerintah Korea Selatan mengumumkan akan menggelar pemilihan presiden pada tanggal 9 Mei untuk memilih penerus Presiden Park Geun-hye yang diturunkan.

Korea Selatan

Park diberhentikan pada Jumat (10/03/2017) lalu saat Mahkamah Konstitusi menjunjung pemakzulan dirinya terkait sebuah skandal politik.

Pemilu tersebut adalah untuk memilih presiden ke-19 Korea Selatan yang awalnya dijadwalkan pada bulan Desember. Namun menurut undang-undang, pemerintah harus menggelar pemilihan presiden dalam kurun 60 hari setelah Park mundur.

Sebuah jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa mantan ketua partai oposisi terbesar Partai Demokratik Moon Jae-in saat ini memimpin dengan dukungan sebesar 32 persen.

Posisi kedua adalah Gubernur Provinsi Chungcheong Selatan An Hee-jung dengan dukungan sebesar 17 persen.

Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn yang menjabat sebagai pelaksana tugas presiden, berada di posisi ketiga dengan suara dukungan 9 persen.

Namun Hwang mengatakan dalam sebuah pertemuan Kabinet khusus hari Rabu (15/03/2017) bahwa dirinya tidak akan berpartisipasi dalam pemilihan tersebut. Disebutkan dirinya membuat keputusan tersebut demi kestabilan politik nasional dan pemilu yang adil.
Comments


EmoticonEmoticon