Upaya Pakistan Memberantas Polio

Upaya Pakistan Memberantas Polio - Pakistan merupakan salah satu dari sejumlah negara di dunia yang masih memiliki kasus polio. Pemerintah Pakistan berupaya mengentaskan polio dengan sebuah proyek vaksinasi kepada anak-anak di seluruh negeri. Sebuah vaksinasi besar-besaran berlangsung mulai akhir Februari hingga awal Maret tahun ini dengan menargetkan lebih dari 7,2 juta orang. Dalam Tinjauan kali ini ada Dr Rana Muhammad Safdar, Kepala Divisi Respons dan Pengawasan Penyakit di Institut Kesehatan Nasional Pakistan mengulas tentang masalah-masalah yang dihadapi para pemberi vaksin di negara Asia Selatan tersebut.

Pakistan Polio

Pakistan tengah membangun kembali strukturnya dalam mengentaskan infeksi polio sejak 2014 saat jumlah kasus di negara itu mencapai 306. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNICEF, Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) dan badan-badan bantuan internasional lainnya telah bekerja di Pakistan sejak 1994 guna mengentaskan polio dengan membantu membangun infrastruktur dan melatih pemberi vaksin serta personel lainnya untuk proyek tersebut.

Namun, jumlah penderita polio meningkat lagi pada tahun 2014. Hal itu sebagian karena adanya keraguan dan serangan terhadap program vaksinasi. Para dokter dan perawat di Pakistan dulu mengunjungi secara rutin rumah tangga-rumah tangga yang memiliki anak-anak untuk memberikan vaksin polio secara oral. Tetapi ada sejumlah serangan teroris terhadap pemberi vaksin sejak Desember 2012, dan beberapa orang juga menyuarakan kekhawatiran atas keselamatan vaksinasi. Hal itu memicu seruan untuk mendirikan sebuah institusi pemerintah yang memimpin upaya anti-polio di dalam negeri. Pusat Operasi Darurat untuk Polio atau EOC diluncurkan pada tahun 2015. Dengan bantuan organisasi donor internasional termasuk para pakar epidemi dari Pakistan serta ulama, EOC berupaya menjelaskan kepada masyarakat yang meragukan vaksinasi. Imbasnya, rasio orang tua yang menolak vaksinasi terhadap anak-anaknya turun dari sekitar 3 persen menjadi sekitar 0,05 persen dalam dua tahun. Sejauh ini hanya dua kasus yang telah terdiagnosis dilaporkan pada tahun 2017, angka itu merupakan penurunan sangat besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu masalah yang dihadapi Pakistan saat ini adalah menyebarluaskan vaksin polio secara injeksi kepada bayi berusia 14 pekan ke bawah. Bayi memiliki daya imun yang lemah. Masalah lainnya adalah mencari tahu keberadaan populasi warga yang berpindah-pindah dan menyatukan mereka untuk mengunjungi sarana vaksinasi bergerak yang sedang berkunjung.

Tujuannya adalah membangun dunia yang bebas polio. Risiko epidemi polio masih ada selagi virus polio masih ada di satu tempat di dunia. Pakistan akan melanjutkan upaya untuk mengentaskan polio dengan bekerja bersama masyarakat internasional, kata Rana Muhammad Safdar.

0 komentar

Posting Komentar