Perundingan Larangan Senjata Nuklir Dimulai di New York

Perundingan Larangan Senjata Nuklir Dimulai di New York - Perundingan pakta yang melarang senjata nuklir secara hukum telah dimulai di PBB hari Senin (27/03/2017) tanpa dihadiri negara-negara pemilik senjata nuklir.

Nobushige Takamizawa

Lebih dari 100 negara menghadiri putaran pertama perundingan yang berlangsung selama lima hari. Delegasi dan korban selamat bom atom menyampaikan pidato di hari pembukaan acara tersebut.

Utusan Jepang yang bertanggung jawab dalam pelucutan senjata nuklir, Nobushige Takamizawa mengumumkan bahwa Jepang tidak akan bergabung dalam perundingan tersebut. Ia mengatakan sulit bagi Jepang untuk menghadiri perundingan tersebut secara konstruktif dan tulus. Para utusan dari 20 negara lainnya termasuk AS, Inggris, Prancis dan Korsel mengeluarkan pernyataan gabungan yang menentang pakta pelucutan senjata nuklir. Utusan AS Nikki Haley mempertanyakan apakah para peserta konferensi tersebut benar-benar paham ancaman keamanan yang dihadapi dunia ini.

Negara-negara peserta dan para korban selamat bom atom mengkritik Jepang sebagai satu-satunya negara yang mengalami bom atom, karena menentang pakta tersebut dan tidak menghadiri perundingan.

0 komentar

Posting Komentar