Pengadilan Tinggi Osaka Izinkan Pengoperasian PLTN Takahama - HadaCircle

Rabu, Maret 29, 2017

Pengadilan Tinggi Osaka Izinkan Pengoperasian PLTN Takahama

Pengadilan Tinggi Osaka Izinkan Pengoperasian PLTN Takahama - Pengadilan Tinggi Osaka membatalkan putusan pengadilan sebelumnya yang menghentikan pengoperasian dua reaktor PLTN di Jepang tengah.

PLTN Takahama

Reaktor No. 3 dan No. 4 di PLTN Takahama, provinsi Fukui telah dihentikan pengoperasiannya sejak pengadilan daerah Otsu mengeluarkan putusan tersebut pada bulan Maret tahun lalu.

Pengadilan Otsu mengukuhkan tuntutan para penduduk dari provinsi tetangga Fukui, yaitu provinsi Shiga karena Perusahaan Tenaga Listrik Kansai gagal menjelaskan keamanan PLTN secara menyeluruh. Keputusan tersebut adalah yang pertama untuk menghentikan reaktor aktif.

Perusahaan Tenaga Listrik Kansai mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Osaka, dengan menyatakan langkah langkah keamanan yang lebih kokoh diberlakukan dari aturan baru yang dikeluarkan setelah bencana PLTN Fukushima Daiichi tahun 2011.

Pengadilan tinggi pada hari Selasa (28/03/2017) ini memutuskan untuk mengizinkan reakor-reaktor tersebut diaktifkan kembali.

Perusahaan Tenaga Listrik Kansai berencana mulai melakukan prosedur pengaktifan kembali reaktor-reaktor tersebut, termasuk distribusi bahan bakar nuklir setelah menjelaskan situasi kepada pemerintah setempat di provinsi Fukui. Pengaktifan kembali reaktor tersebut diperkirakan memakan waktu lebih dari satu bulan.
Comments


EmoticonEmoticon