Abe akan Temui Putin

Abe akan Temui Putin - PM Shinzo Abe akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Rusia pada akhir April. Hal tersebut diumumkan setelah pertemuan antara menteri-menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara.

Shinzo Abe and Vladimir Putin

Setelah pertemuan yang disebut "2-plus-2" di Tokyo, Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida dalam konferensi pers bersama mengatakan bahwa dirinya telah memastikan jadwal pertemuan bilateral dengan rekan sejawatnya dari Rusia, Sergei Lavrov. Para menteri pertahanan dan luar negeri dari Jepang dan Rusia bertemu di Tokyo guna bertukar pandangan mengenai isu-isu terkait dengan keamanan di kawasan Asia Pasifik. Perundingan itu mencakup pembahasan mengenai cara menanggapi pengembangan dan uji nuklir rudal balistik Korea Utara.

Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada dan rekan sejabatnya dari Rusia, Sergei Shoigu, bergabung dengan Kishida dan Lavrov dalam pertemuan di siang hari. Sebelumnya, para menteri pertahanan dan luar negeri itu mengadakan pertemuan terpisah di pagi hari.

Pada permulaan pertemuan keempat menteri tersebut, Kishida mengatakan amat penting bagi Jepang dan negara tetangga Rusia untuk berkomunikasi satu sama lain dan memperdalam pemahaman bersama dalam bidang keamanan. Sebagai tanggapan, Lavrov mengatakan kelanjutan perundingan itu itu telah mengangkat hubungan bilateral ke tingkat yang baru yang akan memperdalam hubungan saling percaya.

Ini adalah perundingan tingkat menteri pertama antara Jepang dan Rusia sejak November 2013. Pembicaraan serupa sempat tertangguhkan sebagian akibat penganeksasian kawasan Krimea di Ukraina oleh Rusia. Ini adalah pertemuan tingkat menteri pertama yang diadakan Rusia semenjak aneksasi tersebut.

0 komentar

Posting Komentar