Rekapitulasi Turnamen Sumo Maret 2017 - HadaCircle

Selasa, Maret 28, 2017

Rekapitulasi Turnamen Sumo Maret 2017

Rekapitulasi Turnamen Sumo Maret 2017 - Turnamen Grand Sumo bulan Maret yang diadakan di Osaka telah berakhir pada hari Minggu (26/03/2017). Reporter NHK WORLD, Hiro Morita, akan menjabarkan analisis mengenainya dalam Tinjauan hari ini.

HadaCircle

Siapapun di Osaka dapat mengatakan, ini bukanlah turnamen sumo biasa. Tiket untuk pertandingan selama 15 hari terjual habis bahkan sebelum rikishi pertama memasuki ring dohyo. Tak ada keraguan apa alasan utamanya, yaitu kehadiran Yokozuna baru, Kisenosato. Ia adalah rikishi kelahiran Jepang yang pertama sejak tahun 1998 untuk mencapai puncak peringkat. Ia pun mengawalinya dengan permulaan yang hebat.

Memasuki hari ke-13, Kisenosato adalah satu-satunya pemimpin dengan catatan bersih. Namun, nasib berbalik melawannya. Tidak hanya ia kalah dari sesama Yokozuna yaitu Yokozuna Harumafuji, ia menderita cedera parah pada sisi kiri atasnya. Para penggemar terkejut dan khawatir saat ambulans membawanya ke rumah sakit. Hari berikutnya, ia tidak berbicara mengenai kondisinya, namun ia muncul untuk bertarung. Tetapi tubuh cederanya tidak prima untuk bertanding. Yokozuna Kakuryu dengan mudah mengalahkannya.

Jadi, Kisenosato memasuki hari final dalam peringkat kedua dengan dua kekalahan. Ozeki Terunofuji berada pada klasemen sementara teratas dengan 13 kemenangan dan 1 kekalahan. Kisenosato menantangnya, berharap untuk memaksa diadakannya pertarungan penentu. Namun semua orang mengetahui peluangnya untuk menang adalah antara nol hingga nihil. Hanya Kisenosato sendiri yang tidak berpandangan seperti itu.

Ia menahan serangan Terunofuji dan muncul sebagai pemenang dengan daya dorong bawah. Itu menghasilkan pertarungan penentu. Dan sekali lagi, Kisenosato muncul di puncak. Kali ini, dengan jurus mengunci lengan lawan dan melemparnya. Itu membuatnya menjadi pria pertama yang memenangkan kejuaraan dalam pertandingan debutnya sebagai Yokozuna, sejak Takanohana di tahun 1995. Benar-benar akhir yang hebat. Merupakan hasil yang terbaik.

Rekan satu sasana Kisenosato yaitu Takayasu, membuktikan ia adalah kekuatan yang harus diakui juga. Pemegang gelar Sekiwake ini mendapatkan Penghargaan Penampilan Luar Biasa, menyelesaikan turnamen dengan 12 kemenangan dan 3 kekalahan. Takayasu juga meraih dua digit kemenangan dalam turnamen sebelumnya. Jika ia dapat meraih jumlah serupa di bulan Mei, maka ia akan siap untuk dipromosikan menjadi Ozeki.

Pada pertandingan selanjutnya di bulan Mei, Kisenosato akan menargetkan gelar ketiga kalinya berturut-turut. Namun pertama, ia perlu merawat cederanya. Para penggemar juga cemas menantikan kondisi Yokozuna Hakuho. Juara 37 kali itu mengundurkan diri dari turnamen bulan Mei dengan cedera kaki.

Turnamen bulan Mei akan berlangsung di Tokyo. Satu hal yang bisa kita perkirakan adalah yang tak diperkirakan.

Demikian Tinjauan hari ini.
Comments


EmoticonEmoticon