Partai Berkuasa Raih Kursi Mayoritas di Parlemen Belanda

Partai Berkuasa Raih Kursi Mayoritas di Parlemen Belanda - Penghitungan suara pemilu parlemen Belanda tengah berlangsung. Partai Rakyat bagi Kebebasan dan Demokrasi yang berkuasa, pimpinan Perdana Menteri Mark Rutte dari kubu kanan-tengah, dipastikan akan memenangkan jumlah kursi terbanyak. Sementara itu Partai bagi Kebebasan dari kubu kanan-jauh tampaknya tidak akan melipatgandakan jumlah perolehan kursinya seperti yang awalnya diperkirakan.

Mark Rutte

Pusat perhatian dalam pemungutan suara pada hari Rabu (15/03/2017) tersebut adalah apakah Belanda akan terus menerima para pengungsi dan imigran dari Timur Tengah dan Afrika. Isu lainnya yang diperdebatkan adalah pemangkasan anggaran kesejahteraan sosial.

Media penyiaran publik Belanda, NOS, mengumumkan perkiraan berdasarkan hasil perolehan suara sementara.

Partai Rakyat bagi Kebebasan dan Demokrasi kemungkinan akan kehilangan 7 kursi. Namun partai tersebut tampaknya akan memperoleh total 33 kursi, memastikannya tetap menjadi partai terbesar di parlemen.

Sementara itu Partai bagi Kebebasan yang dipimpin oleh seorang politisi anti-Uni Eropa dan anti-Muslim, Geert Wilders, tampaknya akan memperoleh tambahan 8 kursi sehingga memiliki total 20 kursi. Sebagai hasilnya, partai kanan-jauh diperkirakan akan memiliki pengaruh lebih terkait urusan dalam negeri.

0 komentar

Posting Komentar