Resep Hippari udon dan Kayaki - HadaCircle

Kamis, Maret 23, 2017

Resep Hippari udon dan Kayaki

Cara Membuat Hippari udon dan Kayaki - Kami akan memperkenalkan dua makanan enak yang mudah dibuat menggunakan ikan makerel kaleng yang dibeli dari pabrik makanan kaleng di Provinsi Miyagi yang bangkit kembali pasca Gempa Besar Jepang Timur. Pertama adalah hidangan mi yang disebut Hippari udon dan yang lainnya adalah hidangan cawan panas Kayaki. Keduanya merupakan makanan tradisional Jepang timur laut.

Hippari udon

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

(Hippari Udon)
4 porsi (800g) mi udon
Klik tautan ini untuk membuat udon sendiri
1 ikan makerel kaleng (200 gram)
4 lembar daun bawang
1 ruas jahe
Cabai bubuk secukupnya

Shoyu secukupnya

(Kayaki)
1 ikan makerel kaleng (200g)
4 cangkir (800ml) air
2 sendok makan shoyu

150g bayam
250g sawi putih
(atau 400g sayuran kesukaan Anda)
1 ruas jahe

Hippari udon

Cara Memasak Hippari udon dan Kayaki

[Hippari Udon]
  • Potong-potong tipis daun bawang. Kemudian potong-potong tipis jahe dalam bentuk strip. Saat memotong jahe pastikan sejajar dengan seratnya. Masing-masing potongan diletakkan ke dalam mangkuk kecil terpisah.
  • Masukkan cabai bubuk ke dalam piring kecil dan shoyu ke dalam wadah atau mangkuk. Tuang semua isi ikan makerel kaleng di dalam piring cekung. Letakkan semua bahan di atas meja makan.
  • Setiap orang bisa membuat sendiri kuah celup dengan memasukkan ikan makerel beserta kaldunya secukupnya, serta potongan jahe dan daun bawang ke dalam mangkuk hidangan dan ditambah dengan shoyu secukupnya. Taburkan cabai bubuk untuk menambah rasa.
Hippari udon

  • Sesaat sebelum mulai menyantap, rebus air di dalam panci besar dan panaskan udon selama 2 hingga tiga menit. Letakkan tatakan di bagian tengah meja dan sajikan panci yang berisi udon panas di dalamnya.
Hippari udon

[Kayaki]
  • Potong dan buang bagian akar bayam dan potong-potong sepanjang 5cm. Potong sawi putih dengan ukuran yang sama sepanjang 5cm, lalu bagian bonggol putihnya diiris-iris strip selebar 2cm. Kupas jahe dan parut dengan posisi berlawanan dengan seratnya.
  • Di dalam panci kecil masukkan 1 cangkir air, seperempat bagian isi makerel kaleng beserta kaldunya, setengah sendok makan shoyu dan masak dengan api sedang.
  • Saat campurannya sudah mendidih, masukkan seperempat sayuran ke dalam panci. Pertama masukkan irisan bonggol sawi putih dan masak selama dua menit. Kemudian masukkan bagian daun sawi dan bayam, masak selama 1 menit. Ketika sayurannya sudah matang, makanan ini sudah jadi.
Hippari udon

Evolusi makanan kaleng

Pasca gempa besar Jepang timur pada tahun 2011, makanan kaleng kembali menarik perhatian. Setelah masa krisis, makanan kaleng menjadi makanan darurat yang populer dan orang-orang menemukan kembali rasanya yang enak dan mulai dijadikan sebagai bagian dalam makanan rumahan.

Di Jepang, makanan kaleng dulu dijual dengan harga yang sangat mahal dan hanya sejumlah orang tertentu yang memakannya. Tetapi setelah Gempa Besar Kanto tahun 1923, banyak makanan kaleng yang didistribusikan sebagai pasokan darurat dan menjadi populer bagi masyarakat umum. Makanan kaleng juga berguna sewaktu krisis makanan pasca Perang Dunia II. Tetapi ketika Jepang membangun jaringan distribusi secara nasional dan makanan segar menjadi lebih mudah tersedia,permintaan atas makanan kaleng jadi menurun.

Makanan kaleng terus berevolusi setelah gempa enam tahun lalu. Baru-baru ini hidangan kelas atas seperti tiram asap dalam minyak, ayam panggang rempah dan hidangan mewah lainnya juga diproduksi menjadi makanan kaleng dan menjadi populer. Bar-bar makanan kaleng juga dibuka di Jepang. Di tempat itu Anda bisa menikmati beragam makanan kaleng dengan minuman.
Comments


EmoticonEmoticon