Wasabi

Wasabi - Dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan informasi dasar tentang bahan masakan yang tidak bisa dilepaskan dari sushi kepada para wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

Wasabi

Hidangan Jepang, hidangan yang sudah tercatat sebagai warisan dunia dan dikenal secara internasional. Di antara hidangan Jepang, sushi adalah yang paling terkenal dan wasabi merupakan bahan yang tidak bisa dipisahkan dari sushi. Dalam artikel kali ini, kami ingin memperkenalkan informasi dasar tentang wasabi yang wajib diketahui wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

Apa Itu Wasabi?

Wasabi adalah jenis tanaman sejenis kubis-kubisan yang berasal dari Jepang. Tanaman ini tumbuh di daerah dengan aliran air yang bersih dan dapat dipanen sepanjang tahun. Dalam hidangan Barat, wasabi digunakan dalam daging panggang dan lainnya. Wasabi dibedakan menjadi 2, yaitu wasabi putih atau horse radish dari Eropa Timur dan wasabi hijau atau hon wasabi dari Jepang.

Parutan wasabi mulai digunakan sebagai tanaman obat sejak abad ke 7 dan sejak zaman Edo, wasabi mulai digunakan sebagai perasa makanan dan rempah seperti sekarang.

Rasa dan Kandungan dalam Wasabi

Wasabi

Wasabi mengandung protein, vitamin, dan lainnya, tetapi ciri khasnya adalah rasa pedas yang berasal dari minyak allylisothiocyanate. Saat wasabi diparut maka sel-sel dalam wasabi akan rusak, enzim akan bekerja dan menghasilkan rasa yang unik dan pedas. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu maka minyak allylisothiocyanate akan rusak. Oleh karena itu, dikatakan bahwa wasabi yang paling enak adalah wasabi yang baru saja diparut.

Wasabi memiliki ciri khas rasa yang segar dan rasa pedasnya terasa sampai hidung. Rasanya terlalu pedas bagi anak kecil, tetapi sekali makan bisa membuat ketagihan. Ada sebuah adegan terkenal saat aktor kenamaan Jean Reno memakan wasabi menggunakan jari-jari begitu saja dalam filmnya yang berjudul “Wasabi”. Akan tetapi, itu hanyalah adegan dalam film dan jangan pernah mencoba untuk melakukan hal yang sama.

Mengapa Sushi Menggunakan Wasabi?

Wasabi

Pada awalnya wasabi digunakan sebagai tamanan obat. Wasabi digunakan sebagai bahan dalam masakan karena kandungan rasa pedas dalam wasabi memiliki efek menghilangkan bau dan efek antibakterial. Sebagai contoh, hanya dengan mengoleskan sedikit wasabi dapat menghilangkan bau amis, karena itu wasabi digunakan pada sushi.

Selain itu, kandungan rasa pedas pada wasabi dapat menghambat pertumbuhan bakteri beracun pada makanan seperti Escherichia coli dan Staphylococcus aureus serta dapat menekan pertumbuhan jamur dan ragi. Orang Jepang pada zaman itu menyadari pentingnya wasabi dalam kehidupan dan menggunakannya sebagai kearifan lokal untuk hidup sehat. Hal itu dilakukan karena tidak ada lemari pendingin pada zaman Edo.

Wasabi Juga Digunakan dalam Masakan Ini

Wasabi

Masakan yang menggunakan wasabi adalah sushi dan soba. Masakan lain yang tidak bisa dilepaskan dari wasabi adalah takowasa (gurita mentah yang direndam dalam wasabi, sake, bumbu, dan lainnya), toriwasa (daging ayam fillet yang direbus dengan wasabi), itawasa (olahan ikan yang dipadukan dengan wasabi) dan lainnya.

Wasabi dipakai pula dalam variasi bumbu, diantaranya “wasabi shoyu” yang merupakan campuran dari shoyu (kecap asin) dan wasabi, wasabi mayonnaise, wasabi dressing, dan lainnya yang sekarang pun bisa dijumpai di supermarket di luar negara Jepang.

Makanan Unik dari Wasabi yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Wasabi

Di Kota Izu, Prefektur Shizuoka yang terkenal sebagai daerah penghasil wasabi, dijual wasabi shochu (sejenis sake) dan wasabi wine. Ada pula es krim wasabi di "Banju no Taki" yang juga berada di Kota Izu. Es krim ini patut untuk dicoba walaupun tidak bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Lalu, produk tradisional yang menggunakan wasabi adalah wasabidzuke. Wasabidzuke adalah acar yang terbuat dari daun dan umbi wasabi yang dirajang dan difermentasikan. Produk ini dijual di toko oleh-oleh di daerah-daerah penghasil wasabi seperti Prefektur Shizuoka, Prefektur Yamanashi, Prefektur Nagano dan lainnya.

Wasabi

Bagi Anda yang berminat pada wasabi, maka bisa membelinya di supermarket atau minimarket dengan harga 200 yen saja. Kami merekomendasikan untuk membeli wasabi dalam kemasan tube. Anda bisa berkreasi sendiri dan coba menggunakan wasabi dalam berbagai masakan bukan?

Anda bisa menemukan senbei (cracker beras), arare (cracker beras seukuran sekali suap), okaki (cracker beras seukuran kacang), keripik kentang dan snack lain dengan rasa wasabi di supermarket dan minimarket. Snack ini sepertinya cocok menjadi oleh-oleh khas Jepang. Snack dengan rasa wasabi biasanya memiliki kemasan berwarna hijau sehingga cobalah mencarinya dengan menjadikan warna hijau sebagai petunjuk.

Demikian, kami sudah memperkenalkan informasi dasar tentang wasabi yang sangat digemari orang Jepang. Jika Anda berkunjung ke Jepang, silakan mencoba untuk merasakan berbagai masakan berbahan wasabi, ya!

Sumber: matcha-jp.com/id

0 komentar

Posting Komentar