Kesaksian Ungkap Donasi Istri PM Abe - HadaCircle

Kamis, Maret 23, 2017

Kesaksian Ungkap Donasi Istri PM Abe

Kesaksian Ungkap Donasi Istri PM Abe - Direktur sekolah yang tengah dalam sorotan skandal kepada Parlemen mengatakan menerima donasi sebesar satu juta yen atau sekitar 9.000 dolar dari istri Perdana Menteri Shinzo Abe.

Abe dan istrinya, Akie telah membantah klaim tersebut.

Yasunori Kagoike

Direktur Moritomo Gakuen, Yasunori Kagoike memberikan kesaksian tersumpah di komite Majelis Tinggi pada Kamis (23/03/2017) ini.

Skandal ini mengemuka setelah ditemukan bahwa Kagoike membeli sebidang lahan milik negara di Osaka, Jepang barat, dengan harga di bawah nilai pasar. Lahan itu rencananya akan dibangun sekolah dasar baru. Istri Abe merupakan kepala sekolah kehormatan sekolah yang direncanakan tersebut tetapi telah mengundurkan diri sejak skandal ini mengemuka.

Kagoike kepada komite mengatakan bahwa ia dengan sangat jelas masih ingat menerima uang dari Nyonya Abe pada bulan September 2015, saat tengah berdua di dalam kantornya di sebuah TK yang dikelola oleh Moritomo Gakuen.

Kagoike mengatakan, Nyonya Abe memberitahunya bahwa sumbangan tersebut dari "Shinzo Abe." Kagoike menambahkan meski istri perdana menteri tampaknya mengatakan tidak mengingat hal itu sama sekali, tetapi ia masih mengingatnya dengan jelas karena saat itu adalah sebuah kehormatan bagi pihaknya.

Saat ditanya ketua komite atas kemungkinan pengaruh politik dalam pendaftaran untuk membuka sekolah baru, membeli lahan atau pembangunannya, Kagoike menjawab bahwa ia meyakini ada semacam pengaruh politik dalam setiap proses tersebut.
Comments


EmoticonEmoticon