AS Ingin Perkuat Kerja Sama Keamanan dengan Indonesia - HadaCircle

Kamis, April 20, 2017

AS Ingin Perkuat Kerja Sama Keamanan dengan Indonesia

AS Ingin Perkuat Kerja Sama Keamanan dengan Indonesia - Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence berjanji akan memperkuat kerja sama keamanan dengan Indonesia guna menjamin kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan serta memerangi terorisme.

AS-Indonesia

Pence bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo di Jakarta pada hari Kamis (20/04/2017), setelah sebelumnya mengunjungi Korea Selatan dan Jepang dalam lawatan empat negaranya di Asia Pasifik. Keduanya berbicara pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut.

Pence mengatakan bahwa AS akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk mempertahankan aturan hukum yang merupakan dasar bagi perdamaian dan kemakmuran Asia Tenggara. Ia juga mengungkapkan bahwa AS akan menjunjung kebebasan pelayaran dan penerbangan di Laut Cina Selatan. Pence tampaknya merujuk pada meningkatnya aktivitas Cina di perairan itu, termasuk pembangunan fasilitas-fasilitas militer di pulau-pulau buatan.

Washington berencana menyediakan lebih dari 20 jet tempur F-16 bagi Indonesia sebelum akhir tahun ini yang tampaknya merupakan upaya untuk mengawasi aktivitas maritim Cina.

Pence juga menyebutkan bahwa AS dan Indonesia, keduanya menghadapi ancaman terorisme, termasuk dari kelompok militan ISIS. Ia mengungkapkan harapan bahwa memperkuat kerja sama dengan negara yang memiliki populasi Muslim terbesar di dunia itu, akan membantu memerangi terorisme.
Comments


EmoticonEmoticon