AS & Korsel: Rudal Korut Mirip SLBM

AS & Korsel: Rudal Korut Mirip SLBM - Para pejabat militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan mengatakan rudal yang ditembakkan oleh Korea Utara pada hari Rabu (05/04/2017) tampaknya adalah tipe yang sama seperti rudal balistik jarak menengah yang diujitembakkan oleh Korea Utara pada bulan Februari.

SLBM Rudal

KN-15 adalah rudal balistik versi darat yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) yang tengah dikembangkan Korea Utara.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan rudal tersebut ditembakkan pada jam 6.42 pagi waktu Seoul di dekat Sinpo di Provinsi Hamgyong Selatan, bagian timur Korea Utara.

Rudal itu dilaporkan terbang menuju Laut Jepang dan jatuh sekitar 60 kilometer dari tempat peluncuran.

Sumber-sumber militer Korea Selatan mengatakan rudal tersebut mencapai ketinggian 189 kilometer. Komando Pasifik AS menyatakan rudal itu menjelajah selama sekitar 9 menit.

Korea Utara menyebut rudal itu "Pukguksong-2" atau "Polaris 2", saat pihaknya pada bulan Februari mengumumkan uji tembak rudal dengan mesin berbahan bakar padat.

Korea Utara ketika itu mengeluarkan gambar-gambar uji tembak tersebut dari sebuah peluncur bergerak dan rudal yang dipicu di udara, yang terjadi sesaat setelah rudal tersebut dilontarkan dari peluncur dengan gas terkompresi.

Korea Utara secara kuat menentang latihan militer bersama AS-Korea Selatan yang dimulai pada tanggal 1Maret.

Uji tembak terbaru itu dilakukan menjelang pertemuan puncak pertama antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping pada hari Kamis (06/04/2017). Militer AS dan Korea Selatan berstatus siaga tinggi bagi kemungkinan aksi provokasi oleh Korea Utara.

0 komentar

Posting Komentar