AS Prioritaskan Pemberantasan Militan IS

AS Prioritaskan Pemberantasan Militan IS - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengungkapkan keinginan pemerintahan Trump untuk memprioritaskan pemberantasan militan IS dari Suriah dibandingkan penggulingan rezim Assad.

Rex Tillerson

Dalam wawancara dengan televisi ABC pada hari Minggu (09/04/2017), Tillerson menekankan bahwa AS menyerang fasilitas militer Suriah sebagai tanggapan terhadap dugaan penggunaan senjata kimia oleh Presiden Bashar al-Assad terhadap wanita dan anak-anak.

Saat ditanya apakah pemerintah AS menginginkan pemerintahan Assad digulingkan, Tillerson menjawab bahwa pemerintah AS ingin belajar dari Libia, di mana kekacauan terus berlanjut sejak kediktatoran digulingkan namun tetap menyisakan para militan.

Tillerson mengatakan bahwa pemerintah AS akan berupaya untuk terlebih dahulu mengenyahkan militan IS sebelum menggulingkan Assad.

Tillerson menyebutkan tentang tanggung jawab Rusia yang mendukung rezim Assad. Ia mengklaim bahwa terjadi kesalahan besar saat Rusia dan pemerintah Assad gagal mematuhi kesepakatan tahun 2013 untuk melucuti persenjataan kimia.

Tillerson mengatakan bahwa saat ia mengunjungi Moskwa pekan ini ia akan mencoba membujuk para pejabat Rusia untuk memusnahkan semua senjata kimia yang masih tersisa di Suriah. Ia juga mengungkapkan harapannya bahwa Rusia akan mengkaji ulang hubungan negara itu dengan pemerintahan Assad.

0 komentar

Posting Komentar