DK PBB akan Adakan Pertemuan Darurat Terkait Suriah

DK PBB akan Adakan Pertemuan Darurat Terkait Suriah - Dewan Keamanan PBB akan mengadakan sebuah rapat darurat pada hari Rabu (05/04/2017) atas dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah.

Dewan Keamanan PBB

Inggris dan Prancis mengajukan pertemuan tersebut. Sejumlah serangan udara besar-besaran yang dibarengi dugaan penggunaan gas beracun sejauh ini menewaskan 70 orang dan melukai sekitar beberapa ratus orang di barat laut kota Suriah.

Kota yang berada di Provinsi Idlib tersebut dikuasai oleh pasukan anti-pemerintah. Serangan itu mengakibatkan puluhan orang mengalami masalah pernapasan dan gejala-gejala lain yang mungkin akibat keracunan senjata kimia.

Sebuah LSM yang membantu institusi-institusi medis di Suriah mengatakan gas yang sangat beracun seperti sarin mungkin telah digunakan.

Sumber-sumber mengatakan Inggris, Prancis, dan AS telah mengajukan sebuah rancangan resolusi kepada negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB lainnya yang mengutuk serangan tersebut serta menuntut penyelidikan penuh secepatnya.

Negara-negara Barat mengklaim bahwa penyelidikan oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) telah memastikan penggunaan senjata kimia sebelumnya oleh pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Rusia dan Cina berkeras agar negara-negara Barat memusatkan pada perundingan damai.

0 komentar

Posting Komentar