DK PBB Gagal Keluarkan Resolusi bagi Suriah - HadaCircle

Jumat, April 07, 2017

DK PBB Gagal Keluarkan Resolusi bagi Suriah

DK PBB Gagal Keluarkan Resolusi bagi Suriah - Perpecahan antara negara-negara Barat dan Rusia telah menggagalkan pemungutan suara untuk sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB atas dugaan penggunaan senjata kimia yang dilakukan Suriah.

Dewan Keamanan PBB

Setidaknya 72 orang tewas dalam serangan udara di kota yang dikendalikan oleh kubu oposisi di Provinsi Idlib, barat laut Suriah, Selasa (04/04/2017). Organisasi Doctors Without Borders menyatakan gas saraf beracun seperti sarin sepertinya digunakan berdasarkan gejala yang ditunjukkan warga yang terpapar.

Dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB, Rabu (05/04/2017), Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley menyatakan serangan pada hari Selasa itu memberikan tanda-tanda nyata bahwa rezim Presiden Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia. Namun wakil utusan Rusia untuk PBB Vladimir Safronkov mengatakan militer Suriah hanya memborbardir gudang-gudang di mana pasukan anti-pemerintah menyimpan senjata kimia. Sedangkan perwakilan Suriah mengatakan negaranya tidak pernah menggunakan dan tidak akan menggunakan senjata kimia.

AS bersama Inggris dan Prancis mengajukan sebuah resolusi yang menyerukan agar pemerintah Suriah bekerja sama dalam sebuah penyelidikan. Namun hal itu diveto Rusia.

Pertemuan darurat ini berakhir setelah dua jam pembahasan. AS dan negara lainnya tetap menjaga komunikasi dengan pejabat Rusia guna mencapai kompromi dengan memodifikasi rancangan resolusi.
Comments


EmoticonEmoticon